Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir mengingatkan hari ulang tahun (HUT) ke-94 Persatuan Seluruh Sepak Bola Indonesia (PSSI) bukan hanya perihal selebrasi tapi fokus ke kinerja mempersiapkan fondasi sepak bola Indonesia.

HUT ke-94 PSSI tahun ini mengangkat tema "Meraih Prestasi, Menuju Kejayaan Sepak Bola Indonesia" berlangsung di Gedung Danareksa, Jakarta, Jumat.

"94 tahun ini ya jangan hanya selebrasi perayaan ke-94 tahun, saya sudah wawancara dengan semua media tentu di zamannya (kepengurusan) saya sekarang ingin persiapkan yang namanya sistem fondasi dan tentu siapapun pemimpin yang masuk dia sudah punya program progresif untuk ke depannya," kata Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Baca juga: HUT ke-94 PSSI, Erick Thohir : Transformasi memerlukan waktu

Erick berharap jika Allah SWT memberikan kehendak Indonesia untuk masuk ke Olimpiade dan Piala Dunia 2026, ia akan sangat bersyukur karena program yang direncanakannya dalam cetak biru adalah menargetkan masuk Piala Dunia 2036 mendatang.

"Saya rasa kalau nanti Allah memberikan kesempatan kita masuk Olimpiade atau masuk Piala Dunia 2026, saya rasa Allah baik banget sama kita karena sebenarnya program (cetak biru) kita ke FIFA itu sampai 2045, kita baru merencanakan agar masuk Piala Dunia 2036 pada cetak biru waktu itu," ujar Erick.

Namun mantan Presiden Inter Milan tersebut mengingatkan bahwa proses transformasi sepak bola juga membutuhkan waktu. Oleh sebab itu PSSI ke depannya akan fokus membentuk program yang sinkron dengan liga sehingga mampu menciptakan komposisi skuad Garuda yang merata mulai dari jenjang usia muda.

"Seperti saya sudah sampaikan berulang kali, memang kan dalam pembenahan transformasi sepak bola yang dilakukan saya, Waketum Pak Zainudin Amali dan Ibu Ratu Tisha, Sekjen, para Exco, ya tidak mungkin transformasi itu langsung jalan gitu. Kan (semua) itu perlu waktu dan tidak mudah," kata Erick Thohir.

"Sinkronisasi ke depan kita harus jalankan. Dan bersamaan tahun ini kita akan ada perbaikan sinkronisasi bersama Liga. Bahkan tahun 2027 mendatang (kita siapkan format) itu dari sekarang seperti apa liga dan bagian timnas," ujar Erick yang juga merupakan Menteri BUMN tersebut.

Baca juga: Usai hajar Australia, Erick : Ini wajah baru Indonesia

Pewarta: Fajar Satriyo
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024