Saya kira pertandingan Selasa ini jauh lebih penting ketimbang kekalahan dari Bayern"
Dortmund, Jerman (ANTARA News) - Kapten Roman Weidenfeller sesumber  timnya Borussia Dortmund harus mengonversi segala peluang melawan Napoli dini hari nanti ketika finalis Liga Champions musim lalu itu terancam tersingkir di fase grup.

Kekalahan Dortmund 0-1 dari tamunya Arsenal tiga pekan lalu membuat klub ini menempati peringkat ketiga Grup F dengan enam poin, tiga poin di bawah pemuncak klasemen Napoli dan the Gunners, sehingga mungkin hanya kebagian tempat di Liga Europa.

Baik Napoli maupun Dortmund menghadapi masa mengecewakan karena baru saja kalah di liga domestik masing-masing.

Borussia kalah pada tiga pertandingan terakhir mereka pada segala kompetisi, termasuk kalah 0-3 dari Bayern Munchen.

Kekalahan keempat Dortmund akan makin mengikis kepercayaan diri tim dan jika Arsenal hanya seri melawan Marseille di London dini hari nanti, maka penentuan dua klub untuk lolos ke babak 16 Besar akan ditentukan oleh pertandingan terakhir 11 Desember di Marseille.

Dortmund kini tertinggal tujuh poin dari Bayern di Bundesliga. Weidenfeller mengatakan timnya harus meningkatkan kemampuan mengonversi peluang menjadi gol saat menghadapi tim asuhan Rafael Benitez nanti.

"Saya kira pertandingan Selasa ini jauh lebih penting ketimbang kekalahan dari Bayern," kata Weidenfeller. "Kami harus memanfaatkan peluang-peluang kami, karena sepakbola ditentukan oleh gol dan saat ini, kami tak mencetaknya."

Selama ini gelandang serang Henrikh Mkhitaryan dan Marco Reus seperti kehilangan ketajamannya sehingga klub asuhan Jurgen Klopp ini hanya mencetak satu gol pada tiga pertandingan terakhirnya.

Mats Hummels dan Marcel Schmelzer tak bisa tampil karena cedera sehingga Manuel Friedrich yang baru dikontrak pun dipasangkan dengan Sokratis.

Weidenfeller menepis timnya akan kalah. "Tak ada yang sudah ditentukan, baik di Liga Champions maupun Bundesliga," kata dia seperti dikutip AFP.

Sementara itu Napoli hanya perlu terhindar dari kekalahan untuk maju ke babak 16 Besar.

Klub ini tampil tanpa playmaker Marek Hamsik yang cedera saat kalah 0-1 dari Parma Sabtu lalu.  Tempatnya akan digantikan Lorenzo Insigne atau Dries Mertens.

Setelah dikalahkan Parma, Benitez berkata, "Kini kami harus fokus ke Dortmund, kami akan mengisi kembali baterai fisik dan mental kami untuk sebuah laga yang sangat penting bagi kami.  Saya yakin urgensi dari laga ini akan memberi anak-anak insentif yang dibutuhkannya."

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013