manajemen TMII juga memberikan tiket gratis kepada 49 orang pertama yang masuk ke TMII
Jakarta (ANTARA) - Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur menggelar kirab bertajuk Tumpeng Agung Keberkahan melibatkan lebih dari seratus seniman dari berbagai wilayah untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-49 pada Sabtu petang.

"Kirab ini dalam rangka syukuran atas perjalanan yang sudah mencapai 49 tahun. Jadi, kita mensyukuri Taman Mini sebagai pelestari budaya," kata Direktur Utama TMII Claudia Ingkiriwang di  Jakarta Timur, Sabtu.

Baca juga: Jumlah pengunjung TMII capai 140 ribu orang selama libur Lebaran

Menurut dia, TMII sudah mengambil peran dalam melestarikan budaya Indonesia, salah satunya melalui kirab (pawai) Tumpeng Agung Keberkahan.

"Nah itu tradisi ungkapan syukur kita wujudkan di dalam syukuran bersama dengan pengunjung. Tadi kita lihat para pengunjung berebutan tumpeng keberkahan," kata Claudia.
 

Sejumlah seniman ikut pada acara kirab tumpeng agung keberkahan di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, Sabtu (20/4/2024). Kirab tumpeng tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TMII yang ke-49. ANTARA/Syaiful Hakim

Tak hanya itu, pihaknya juga melakukan potong tumpeng bersama dengan pengunjung. "Ada 40 nasi tumpeng yang dipotong secara serentak bersama para pengunjung," ujarnya.

Baca juga: TMII siagakan pos kesehatan untuk kawal kesehatan pengunjung

Dalam memperingati HUT TMII ke-49, manajemen TMII juga memberikan tiket gratis kepada 49 orang pertama yang masuk ke TMII.

"Mereka (pengunjung) senang sekali mendapatkan tiket gratis," ucapnya.

Berbagai kegiatan budaya juga digelar dalam peringatan HUT TMII itu, yakni Wayang Kulit, Tari Rakyat Kreasi Modern, Fragment Tari Bingkai Semesta, Tari Kecak, Pralina Ogoh-Ogoh, dan jiwa muda (soul of youth).

Baca juga: Rumah adat TMII destinasi paling ingin dikunjungi wisatawan Lebaran
 
Direktur Utama Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Claudia Ingkiriwang saat memberikan keterangan pers terkait peringatan HUT ke-49 di TMII, Jakarta Timur, Sabtu (20/4/2024). ANTARA/Syaiful Hakim​​​​​​

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024