Jakarta (ANTARA) - Regulasi IBL 2024 yang membuat banyak pemain asing berkualitas berkompetisi di liga basket Tanah Air menghasilkan dampak baik bagi para pebasket lokal untuk bisa mengambil banyak pelajaran.

Pada IBL 2024, sejumlah pemain asing dengan pengalaman bermain di liga basket Eropa bahkan bermain dalam tim NBA berbondong-bondong membela tim IBL dan menyajikan pertandingan basket yang lebih atraktif.

"Sebenarnya nggak beda, sistemnya tetap sama. Enaknya pemain asing kita, mau sharing sama kita, mau kerja sama dengan kita," kata pemain Kesatria Bengawan Solo Kevin Moses Eliazer Poetiray di Jakarta, Sabtu.

Menurutnya, pemain asing yang berkualitas memberikan dampak kepada para pemain lokal untuk meningkatkan level permainan yang sejajar dengan mereka.

"Jadi kita tinggal ningkatin PD aja sih untuk eksekusi. Mereka juga encourage kita untuk bisa ningkatin permainan," katanya.


Baca juga: Pelatih harap Kesatria jaga konsistensi permainan di sisa musim IBL

Pada laga kemenangan Kesatria Bengawan Solo melawan Amartha Hangtuah Jakarta hari ini, pemain asing tim asal Solo Kentrell Barkley dan C.J. Gettys mencetak skor sampai 66 poin. Kevin Moses sendiri menambahkan 9 poin dengan tambahan 3 rebound dan 1 assist.

Kendati demikian, Kevin menyebut bahwa memiliki pemain asing yang berkualitas bukan hal terpenting, melainkan permainan tim. Dia menekankan skema permainan yang disiapkan oleh pelatih dan penerapan serta kerja sama tim di lapangan yang menjadikan penentu kemenangan.

"Karena main basket kan berlima, buka satu dua pemain. Kita di lapangan kan main semua," katanya.


Baca juga: Brandone Francis kembali terpilih dalam IBL All-Star

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024