Kendari (ANTARA) - Komandan Landasan Udara (Danlanud) Halu Oleo (HLO) menegaskan bahwa Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU) di Sulawesi Tenggara (Sultra) ke depan akan dilengkapi dengan skuadron udara tempur di Lanud HLO guna mendukung pengamanan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan.

“Jadi nantinya fasilitas pendukung di Lanud Halu Oleo juga akan dilengkapi dalam upaya tersebut,” kata Komandan Lanud Halo Oleo Kolonel (Pnb) Lilik Eko Susanto, pada upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-78 TNI AU di Kendari, Senin.

Ia menjelaskan salah satu alasan strategis pembentukan skuadron udara tempur di Lanud Halu Oleo adalah karena Lanud Hasanuddin telah maksimal dalam hal area pengembangan.

“Karena lahan di Lanud Hasanuddin sudah terbatas sehingga Lanud Halo Oleo dipilih sebagai tempat pembentukan skuadron baru untuk menampung alutsista baru yang telah dimiliki negara kita,” tambahnya.

Dalam upacara peringatan HUT ke-78 TNI AU itu, Danlanud menekankan kepada para prajurit TNI AU agar lebih prima dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab dalam bertugas.

“Panglima TNI berpesan agar prajurit selalu prima dalam bertugas sesuai dengan slogan TNI AU yang baru yaitu AMPUH,” kata Lilik menyampaikan pesan Panglima TNI kepada seluruh prajurit agar senantiasa bisa tampil secara prima.

Ia menjelaskan AMPUH itu sendiri merupakan singkatan dari adaptif, modern, profesional, unggul dan humanis dalam melayani maupun berinteraksi dengan masyarakat.

Pewarta: Abdul Azis Senong
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2024