“Terima kasih atas kepedulian Pipas Sulut, semoga dengan penyerahan bantuan ini bisa bermanfaat bagi keluarga yang terdampak bencana,”
Manado (ANTARA) - Paguyuban Ibu-ibu Pemasyarakatan (Pipas) Sulawesi Utara (Sulut) menyalurkan bantuan untuk pegawai dan keluarga Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Tagulandang yang terdampak erupsi Gunung Ruang.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sulut Ronald Lumbuun melalui Plh. Kakanwil John Batara, di Manado, Senin, mengatakan penyerahan bantuan ini merupakan wujud kepedulian dari Pipas Sulut bagi korban yang terdampak bencana alam erupsi Gunung Ruang.

“Terima kasih atas kepedulian Pipas Sulut, semoga dengan penyerahan bantuan ini bisa bermanfaat bagi keluarga yang terdampak bencana,” kata Jhon Batara didampingi Kepala Divisi Pemasyarakatan Kemenkumham Sulut Aris Munandar.

Pada saat tersebut diserahkan secara simbolis bantuan kepada perwakilan pegawai dan keluarga Lapas Tagulandang.

Akibat erupsi Gunung Ruang di Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, terdapat sekitar 40 orang pegawai dan keluarga Lapas Tagulandang yang ikut mengungsi ke Manado.

Jumlah tersebut terdiri 11 dewasa laki-laki, 17 dewasa perempuan dan 12 anak-anak.

Para pengungsi itu tiba pada Kamis (18/4) di Pelabuhan Samudera Bitung dengan menumpang Kapal KPLP pada pukul 20.00 WITA, di Dermaga Satrol Lantamal VIII menggunakan KRI pada pukul 22.00 WITA dan di Pelabuhan Munte Likupang dengan Kapal Basarnas.

Gunung Ruang, di Tagulandang. Sitaro, erupsi pada 16 April 2024 sore hari setelah terjadi peningkatan aktivitas kegempaan.

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024