Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo meninjau langsung fasilitas pendidikan di SMK Negeri 1 Rangas, Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat, sebagai salah satu objek yang terdampak oleh gempa Mamuju pada tahun 2021.

Presiden Jokowi menilai bangunan sekolah sudah lebih baik dibandingkan sebelum terjadi gempa. Kepala Negara juga menyatakan akan memenuhi permintaan sekolah untuk membangun asrama bagi para siswa.

"Tadi Pak Kepala Sekolah menyampaikan ke saya, 'Pak ini masih kurang, anak-anak butuh asrama karena banyak yang tinggal jauh dari sekolah sehingga harus banyak yang tersebar ngekos (indekos) di sekitar sekolah.' Ya nanti sebentar lagi akan kita bangun asrama-nya, atas permintaan kepala sekolah, Ibu Bupati, dan Pak Gubernur," kata Presiden Jokowi berdasarkan keterangan resmi dari Biro Pers Sekretariat Presiden yang diterima di Jakarta, Selasa.

Saat meninjau SMKN 1 Rangas, Presiden Jokowi juga melihat laboratorium praktik teknik otomotif.

Presiden menyimak penjelasan sekaligus melihat sejumlah siswa sedang melakukan perbaikan mobil transmisi manual dan memasang ban mobil.

Baca juga: Presiden Jokowi kirim mobil listrik ke SMK terdampak gempa di Sulbar

Baca juga: Jokowi tinjau pasar tumpah hingga RSUD di Mamasa Sulbar

Baca juga: Jokowi beri isyarat perpanjang masa jabatan Pj Gubernur Sulawesi Barat


Kepala Negara menyampaikan bahwa saat ini merupakan zamannya mobil listrik sehingga praktikum mengenai hal tersebut sangatlah perlu. Melihat hal tersebut, Presiden Jokowi pun memenuhi permintaan sekolah untuk pengadaan mobil listrik.

"Karena di tempat praktik yang ada hanya mobil 'combustion', mobil yang manual lama, padahal sekarang sudah banyak dan zamannya mobil listrik sehingga perlu praktik juga isinya di dalam mobil listrik itu apa. Siang ini saya kirim mobil listrik untuk praktik, bukan untuk dikendarai," kata Presiden dalam sambutannya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden Jokowi juga sempat memberikan kuis berhadiah sepeda.

Dua orang pelajar yang beruntung membawa pulang sepeda setelah berhasil menjawab tantangan membacakan Pancasila.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam kegiatan tersebut yaitu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Pj. Gubernur Sulawesi Barat Zudan Arif Fakhrulloh, dan Bupati Mamuju Sitti Sutinah Suradi.

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024