Kota Bandung (ANTARA) - Penjabat Wali Kota Bandung Bambang Tirtoyuliono melepas keberangkatan jamaah haji dari Kota Kembang ke Tanah Suci, Arab Saudi, untuk menunaikan ibadah haji tahun ini.

“Hari ini adalah sebuah tahapan pemberangkatan haji, manasik massal. Total ada 2.517 calon haji yang akan diberangkatkan dan hari ini simbolis pelepasan atau pemberangkatan,” kata Bambang di Masjid Pusdai, Bandung, Selasa.

Bambang berharap, jamaah calon haji asal Kota Bandung dapat menunaikan ibadah haji dengan lancar serta sehat saat kembali ke Tanah Air. Dia pun mengingatkan untuk menjaga kesehatan tubuh selama manasik haji hingga pelaksanaan ibadah di tanah suci.

"Jaga kesehatan, ikuti aturan yang ada. Petugas haji banyak, karena bukan hanya saja tujuannya untuk beribadah, tetapi juga membawa nama besar negara kita dan juga Kota Bandung," kata dia.

Baca juga: Ahli kemukakan dampak infeksi bakteri meningitis pada manusia

Baca juga: Vaksinolog pastikan vaksin meningitis aman untuk diberikan pada jamaah


Dia meminta kepada para calon jamaah haji yang masih menunggu keberangkatan harap bersabar untuk bisa berangkat bersama para jamaah lainnya.

“Untuk jamaah waiting list atau cadangan untuk diprioritaskan bagi warga Kota Bandung. Tahun sekarang 120 cadangan untuk haji,” katanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung Abdurahim mengungkapkan secara keseluruhan pada tahun 2024 sebanyak 2.517 calon haji asal Kota Bandung akan diberangkatkan.

“Tahun ini Insya Allah, Kota Bandung diberikan kuota sebanyak 2.517 calon haji dan diberangkatkan dalam tujuh kloter,” kata Bambang.

Ia mengatakan keberangkatan kloter pertama akan dilakukan pada 11 Mei 2024. Dengan terbagi pemberangkatan melalui Bandara Kertajati, Majalengka dan Soekarno Hatta, Tanggerang.

“Dari tanggal 11 Mei kloter pemberangkatan pertama yang berakhir di pekan pertama di bulan Juli dan nanti pada pekan ketiga bulan Juli sudah mulai pemulangan kembali para jamaah haji,” kata dia.*

Baca juga: Dokter imbau calon jamaah haji tak takut lakukan vaksin meningitis

Baca juga: Kanwil Kemenag Jambi siapkan Rumah Ramah Lansia di Asrama Haji


Pewarta: Rubby Jovan Primananda
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2024