Saat ini stok avtur di Bali mencapai 10 ribu kiloliter yang dapat memenuhi kebutuhan hingga 5,5 hari akumulatif
Denpasar (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga menjaga stok avtur di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar, Bali, tetap tersedia menghadapi lonjakan kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara.

"Saat ini stok avtur di Bali mencapai 10 ribu kiloliter yang dapat memenuhi kebutuhan hingga 5,5 hari akumulatif," kata Manager Communication, Relations dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Ahad Rahedi di Denpasar, Selasa.

Pihaknya memantau distribusi untuk dipasok secara berkala melalui Depo Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Ngurah Rai di Kabupaten Badung, Bali.

DPPU Ngurah Rai merupakan tulang punggung suplai avtur di Bali dengan kapasitas tangki total mencapai 24.300 kiloliter.

Adapun saat ini konsumsi avtur harian di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencapai kisaran 2007 kiloliter, lebih tinggi dari rata-rata penyaluran avtur periode libur Lebaran 2024 pekan lalu yang mencapai 2003 kiloliter.

Sementara itu, menjelang masa libur sekolah Juni-Juli 2024, ia memproyeksi arus kedatangan turis asing maupun domestik meningkat tajam di Bali.

Baca juga: Otban catat sejuta lebih pergerakan penumpang Bali selama Lebaran

Baca juga: Agen perjalanan dukung Dispar Bali pungut wisman di terminal domestik


Pertamina memprediksi puncak konsumsi avtur di Bali terjadi pada Juni dengan peningkatan sebesar 14,12 persen atau sebesar 2.158 kiloliter per hari dibandingkan konsumsi normal harian sebesar 1.891 kiloliter per hari.

Mencermati proyeksi itu, pihaknya juga berusaha menjaga stok BBM jenis lainnya yakni gasoil di antaranya solar dan gasoil di antaranya pertamax dan pertalite.

Kebutuhan BBM di Bali ditopang oleh Integrated Terminal BBM Manggis di Kabupaten Karangasem dan Terminal BBM Sanggaran di Denpasar yang menjadi terminal besar pendukung stok Indonesia Timur serta menyiagakan DPPU Ngurah Rai dan 204 SPBU.

Saat ini, di Bali rata-rata konsumsi harian mencapai 1.941 kiloliter per hari untuk jenis gasoline dan 664 kiloliter per hari untuk gasoil.

"Menjelang masa liburan sekolah kami memprediksi akan ada kenaikan konsumsi BBM sebesar lima persen di wilayah Bali baik BBM jenis gasoline maupun gasoil," ucapnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara di Bali pada Januari-Februari 2024 mencapai 874 ribu orang atau naik 33 persen dibandingkan periode sama 2023 mencapai 655 ribu orang.

Sedangkan selama 2023, jumlah turis asing di Bali mencapai 5,27 juta atau naik 144,61 persen jika dibandingkan 2022 mencapai 2,1 juta orang.

Selama periode angkutan Lebaran 2024, Bandara Ngurah Rai Bali melayani sebanyak 1.059.069 orang penumpang atau naik enam persen dibandingkan 2023 mencapai 998 ribu dan realisasi 179 penerbangan tambahan pada 2024.

Baca juga: 21 ribu penumpang domestik tinggalkan Bali saat puncak arus balik

Baca juga: 125 ribu penumpang domestik masuk Bali saat arus mudik

Pewarta: Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024