Jakarta (ANTARA) - Menaklukkan dua tim yang peringkat timnas seniornya lebih tinggi dari Indonesia adalah sungguh pencapaian besar.

Bahkan kemenangan kedua dilakukan dengan menjaringkan empat gol dan tak membiarkan seorang pun pemain lawan menciptakan gol sampai terpaksa mengandalkan gol bunuh diri dari pemain sendiri.

Itulah yang dilakukan Timnas Indonesia U23 dalam kurun waktu tiga hari. Pertama, mereka mengalahkan Australia pada 18 April dengan 1-0. Kedua, membabat Yordania 4-1 pada 21 April.

Dari peringkat FIFA terakhir, tim senior Indonesia masih di bawah Australia dan Yordania, yang masing-masing memiliki peringat 24 dan 71, sedangkan Indonesia masih 134.

Memang peringkat timnas senior, tapi pencapaian Rizky Ridho cs telah menyiratkan adanya kemajuan yang menumbuhkan asa besar bahwa sepak bola kita semakin bagus, apalagi pencapaian itu sejalan dengan perjalanan timnas senior dalam kualifikasi Piala Dunia 2026 sejauh ini.

Indonesia U23 yang sebagian pemainnya memperkuat juga timnas senior, kini menantang Korea Selatan dalam perebutan tiket semifinal, yang juga jalan menuju Olimpiade 2024 di Paris.

Selain memperebutkan trofi juara, Piala Asia U23 juga menjadi ajang mendapatkan tiga tiket otomatis Olimpiade Paris 2024 untuk zona Asia, ditambah satu tiket playoff antarbenua melawan Guinea yang kalah dari Mali dalam perebutan tempat ketiga Piala Afrika U23 2023.

Baca juga: Garuda Muda membidik Olimpiade Paris 2024

Menantang juara Piala Asia U23 edisi 2020 menjadi tantangan terberat Garuda Muda. Tim ini juga sudah empat kali mencapai semifinal Piala Asia U23 dan sudah dua kali mencapai final.

Dari semua tim yang pernah mencapai Piala Asia U23, Korea Selatan adalah tim yang memainkan laga paling banyak, 30 pertandingan, yang 20 di antaranya mereka menangkan.

Mereka hanya pernah lima kali kalah, yang hampir semuanya terjadi setelah babak perempat final. Pertama, dalam semifinal 2013 ketika takluk 1-3 kepada Irak. Kedua, sewaktu menyerah 2-3 dari Jepang dalam final 2016.

Uzbekistan dan Qatar menjadi negara ketiga dan keempat yang mengalahkan Korea Selatan pada Piala Asia U23 edisi 2018. Uzbekistan menang 4-1 dalam semifinal, sedangkan Qatar menang 1-0 dalam perebutan tempat ketiga.

Jepang menjadi tim yang dua kali mengalahkan Korea Selatan dalam Piala Asia U23, setelah menang 3-0 dalam perempatfinal 2022.

Baca juga: Indonesia hadapi Korea Selatan pada perempat final Piala Asia U-23

Selanjutnya: Lebih produktif

Copyright © ANTARA 2024