Semuanya terlihat cukup market friendly, walaupun memang ada kebijakan-kebijakan yang masih kita tunggu dampaknya terhadap APBN ...
Jakarta (ANTARA) - Senior Portfolio Manager, Equity PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Samuel Kesuma menilai pasar menyambut baik penetapan hasil Pemilihan Umum  2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Semuanya terlihat cukup market friendly, walaupun memang ada kebijakan-kebijakan yang masih kita tunggu dampaknya terhadap APBN - dan ekonomi secara keseluruhan - seperti  program makan siang gratis," kata Samuel dalam keterangan resmi di Jakarta, Selasa.

Samuel menyampaikan bahwa pasar melihat arah kebijakan ekonomi presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo-Gibran sebagai suatu kesinambungan kebijakan.

Baca juga: KPU: Masyarakat tahu proses Pemilu 2024 berjalan baik

Presiden terpilih menjanjikan transisi pemerintahan yang mulus dengan kesinambungan kebijakan yang dijaga, lalu kebijakan fiskal yang lebih ekspansif melalui perluasan basis pajak, serta upaya akselerasi dan kualitas pertumbuhan ekonomi yang lebih baik.

 Samuel menjelaskan hasil keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) dalam perkara perselisihan hasil pemilihan umum Pilpres 2024 sudah diterima oleh kedua paslon penggugat.

Untuk itu diharapkan secara simbolis menjadi penutup proses pemilu serta menjadi pembuka lembaran baru rekonsiliasi nasional dan dimulainya proses transisi pemerintahan.

Baca juga: MAMI raih dua penghargaan dari Asia Asset Management 

Sebelumnya, MK telah memutus dua perkara sengketa Pilpres 2024 yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Sidang pembacaan putusan dipimpin oleh Ketua MK Suhartoyo.

Dalam amar putusannya, MK menolak seluruh permohonan yang diajukan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Pranowo. Menurut MK, permohonan kedua kubu tersebut tidak beralasan menurut hukum untuk seluruhnya.

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024