industri baja merupakan induk dari industri-industri turunan lainnya, baik berat maupun ringan
Jakarta (ANTARA) - Asosiasi Pemasok Energi Mineral dan Batu bara Indonesia (Aspebindo) berharap Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka selaku presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilu 2024 dapat membangun ekosistem hilirisasi baja.

“Sebenarnya, kalau kita mau bicara membangun ekosistem industri yang harus dibangun, utamanya adalah industri baja. Seperti di China kan memulainya dengan membangun industri baja. Ini sangat kurang (di Indonesia),” ujar Ketua Umum Aspebindo Anggawira ketika ditemui di Jakarta, Selasa.

Anggawira merasa bahwa industri baja kurang memperoleh perhatian pada pemerintahan Joko Widodo (Jokowi) bersama Ma’ruf Amin.

Padahal, tutur dia melanjutkan, industri baja merupakan induk dari industri-industri turunan lainnya, baik berat maupun ringan.

Salah satu sektor industri yang ia soroti adalah sektor konstruksi. Anggawira memperkirakan dalam membangun sebuah perumahan saja, Indonesia membutuhkan sekitar 30–40 persen baja.

“Itu saja kalau dikalikan secara eksponensial kebutuhannya berapa. Sedangkan kalau kita bicara di hulunya, kita punya raw material (bahan mentah) yang cukup besar gitu loh,” kata Anggawira.

Baca juga: Aspebindo: gasifikasi pembangkit listrik mendesak atasi polusi udara

Baca juga: Aspebindo tekankan pentingnya tata kelola transparan sektor minerba


Terlebih, saat ini Indonesia sedang membangun Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur. Ia meyakini potensi yang dimiliki oleh hilirisasi industri baja dapat memberi kebermanfaatan bagi Indonesia.

“Tapi di sisi penganggarannya kita lihat tidak ada suatu konsepsi yang komprehensif,“ ucapnya.

Pernyataan tersebut ia sampaikan ketika disinggung mengenai harapan para pengusaha pemasok energi, mineral.dan batu bara setelah Mahkamah Konstitusi memutus perkara sengketa Pemilu 2024.

Diketahui, MK pada Senin (22/4), memutus dua perkara sengketa Pilpres 2024 yang diajukan oleh Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. Sidang pembacaan putusan dipimpin oleh Ketua MK Suhartoyo.

Dalam amar putusan-nya, MK menolak seluruh permohonan yang diajukan Anies-Muhaimin dan Ganjar-Pranowo. Menurut MK, permohonan kedua kubu tersebut tidak beralasan menurut hukum untuk seluruhnya.

Sebagai tindak lanjut dari putusan tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menetapkan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih di Kantor KPU RI Jakarta pada Rabu (24/4) pukul 10.00 WIB.

Baca juga: Aspebindo: Perlu ada evaluasi aspek HSSE di industri migas

Baca juga: Aspebindo ajak pengusaha batu bara inovatif hadapi transisi energi

Pewarta: Putu Indah Savitri
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024