Selain karena transportasi adalah salah satu prioritas pembangunan kita, bidang ini juga merupakan fokus kerja sama yang dilakukan Indonesia bersama MCC
Jakarta (ANTARA) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati membahas kerja sama di sektor transportasi bersama CEO Millenium Challenge Cooperation (MCC) Alice Albright.

“Selain karena transportasi adalah salah satu prioritas pembangunan kita, bidang ini juga merupakan fokus kerja sama yang dilakukan Indonesia bersama MCC,” kata Sri Mulyani dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Kerja sama itu di antaranya peningkatan transportasi dan akses logistik di daerah Sumatera Selatan, Sulawesi Utara, Riau, Kepulauan Riau dan Bali.

Selain transportasi, kerja sama MCC dengan Indonesia juga terkait dukungan akses pembiayaan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang dimiliki oleh perempuan pengusaha.

Melalui kerja sama ini, para perempuan pelaku usaha turut diberi pelatihan bisnis, termasuk pelatihan literasi digital dan keuangan, serta bantuan teknis untuk meningkatkan kelayakan kredit dan kesiapan investasi.

“Pada pertemuan kemarin, saya dan Alice banyak mendalami pembicaraan mengenai kerja sama tersebut dan berharap ke depannya kami bisa membangun kerja sama yang lebih luas dan lebih kuat lagi,” tutur dia.

Baca juga: Indonesia jalin kerja sama dengan IFC untuk hadapi tantangan ekonomi

Baca juga: RI sampaikan komitmen perangi kejahatan keuangan di FATF


Diketahui, Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati sebagai Gubernur Bank Dunia dan Alternate Governor IMF untuk Indonesia, memimpin delegasi dan berperan aktif dalam rangkaian kegiatan Pertemuan Musim Semi Dana Moneter Internasional-Kelompok Bank Dunia Tahun 2024 (2024 IMF-WBG Spring Meetings) di Washington DC, Amerika Serikat, pada 15-20 April 2024.

Agenda 2024 IMF-WBG Spring Meetings mengambil tema Vision to Impact yang berfokus pada isu-isu pembangunan internasional, manajemen utang, pemulihan ekonomi, dan iklim.

Rangkaian Pertemuan Musim Semi dilaksanakan dalam bentuk rapat utama, seminar, briefing, pertemuan bilateral dan kegiatan strategis lainnya.

Di sela-sela pertemuan utama, Menkeu Sri Mulyani Indrawati juga berkesempatan mengadakan beberapa pertemuan bilateral untuk berdiskusi tentang penguatan dan update kerja sama Indonesia dengan negara atau mitra pembangunan strategis.

Pertemuan itu antara lain dengan Menteri Keuangan Selandia Baru, Nicola Willis, Menteri Keuangan II Malaysia, Datuk Seri Amir Hamzah Azizan, Menteri Keuangan Arab Saudi, Mohammed bin Abdullah Al-Jadaan, Presiden Bank Pembangunan Multilateral yaitu Asian Infrastructure Investment Bank (AIIB), Jin Liqun, Presiden European Investment Bank (EIB), Nadia Calviño.

Baca juga: Menkeu RI menggali pengembangan kerja sama dengan Bank Dunia

Baca juga: European Investment Bank dalami potensi investasi di Indonesia


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2024