Bapak ibu semuanya yang hadir pagi hari ini memiliki peran yang sangat signifikan untuk mencapai sebuah masyarakat sehat bagi Indonesia maju, bagi Indonesia Emas dan peluang itu jangan dibiarkan hilang sia-sia
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengemukakan penyelenggaraan Rapat Kerja Kesehatan Nasional (Rakerkesnas) 2024 berperan signifikan mengantar Indonesia menuju fase negara maju.

"Bapak ibu semuanya yang hadir pagi hari ini memiliki peran yang sangat signifikan untuk mencapai sebuah masyarakat sehat bagi Indonesia maju, bagi Indonesia Emas dan peluang itu jangan dibiarkan hilang sia-sia," kata Presiden Jokowi dalam pidato sambutannya di acara Rakerkesnas 2024 di kawasan ICE BSD Tangerang, Banten, Rabu.

Ia mengatakan Indonesia berpeluang untuk menjadi negara maju melalui bonus demografi pada tahun 2030-an, dimana 68 persen penduduk Indonesia berada di usia produktif.

"15-20 tahun ke depan menjadi sebuah periode krusial. Semuanya harus mengerti dulu masalah ini," katanya.

Baca juga: Presiden buka Rakerkes bahas perbaikan kesehatan Indonesia

Presiden Jokowi mengatakan kesehatan menjadi hal yang sangat penting, sekaligus kunci fundamental untuk mengantar Indonesia sampai di fase negara maju.

"Seperti tadi disampaikan Pak Menkes, pinter-pinter, tapi nggak sehat, mau apa?," katanya.

Dikatakan Kepala Negara, Indonesia masih memiliki pekerjaan rumah yang perlu segera dituntaskan, seperti masalah stunting hingga penyakit tidak menular yang mematikan seperti stroke, serangan jantung, hingga kanker.

Presiden Jokowi menyebut stunting di Indonesia turun dari angka 37,6 persen pada 10 tahun lalu menjadi 21,5 persen pada 2023.

Baca juga: Wapres minta jajaran evaluasi dan analisis langkah penurunan tengkes

"Paling tidak tahun ini kita capai 14 persen. Saya hitung-hitung tidak mudah, tapi nggak tahu kalau dalam kesempatan setahun ini kita bisa capai 14 persen, karena ini pekerjaan yang harus terintegrasi," katanya.

Selain itu penyakit tidak menular yang mematikan masih menempati angka kematian yang relatif tinggi di Indonesia, contohnya stroke mencapai 330-an ribu kasus kematian per tahun, jantung berkisar 300 ribu kematian per tahun.

"Kematian akibat penyakit jantung di negara kita nomor dua,dan nomor tiga akibat kanker," kata Presiden Jokowi.

Baca juga: Kemenkes: "SeGeRa Ke RS" untuk cegah faktor risiko stroke

 

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024