Kita melanjutkan pembangunan di Geosite Gunung Ranai
Natuna (ANTARA) - Dinas Pariwisata (Dispar) Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp1,2 miliar dari Pemerintah Pusat.

Kepala Dinas Pariwisata Kabupate Natuna Hardinansyah di Natuna, Rabu mengatakan dana tersebut akan digunakan untuk membangun beberapa fasilitas di Geosite Gunung Ranai yang terletak di Kecamatan Bunguran Timur, guna menarik minat wisatawan berkunjung ke Geosite Gunung Ranai.

"Kita melanjutkan pembangunan di Geosite Gunung Ranai," ucap dia.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus berupaya membangun fasilitas di setiap geosite dan tempat wisata yang ada di Natuna.

"Kita akan terus membangun, namun ada kendala lahan (lahan geosite bukan milik pemerintah), kita tidak bisa mengajukan pembangunan jika tanah atau lahan untuk membangun bukan lahan milik pemerintah atau masih milik masyarakat, " ujar dia.

Menurut dia, Natuna memiliki destinasi wisata yang unik dan menarik, mulai dari pantai, gua, gunung dan bawah lautnya.

Namun, dikarenakan tiket pesawat dari dan ke Natuna mahal wisatawan jadi enggan berkunjung.

"Tahun 2023 ada wisatawan dari Malaysia yang berencana ke Natuna namun dibatalkan karena harga tiket mahal," imbuh dia.

Ia menjelaskan, objek wisata di Natuna berpotensi dibanjiri wisatawan jika harga tiket pesawat murah dan jadwal keberangkatan pesawat ada pada Kamis dan Minggu.

"Jika harga tiketnya Rp1,2 juta saja, kemungkinan akan banyak wisatawan yang datang ke Natuna dan jadwalnya Kamis Minggu, jadi mereka bisa empat hari tiga malam di Natuna," kata dia.

di tempat terpisah, Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Dispar Naruna Rusdan Hadian mengatakan, DAK tersebut untuk membangun fasilitas rekreasi seperti gazebo, fasilitas umum seperti toilet, fasilitas aksesbilitas seperti jalur pejalan kaki dan rambu petunjuk.

"Lanjutan dari kegiatan tahun kemarin. Tahun kemarin ada pembangunan gapura, parkir dan mushola," ujar dia.

Baca juga: Dispar Natuna latih pemandu wisata budaya dan museum
Baca juga: Natuna bangun fasilitas wisata di Gunung Ranai
Baca juga: Pulau Senua jadi pusat konservasi penyu dan wisata edukasi di Natuna

 

Pewarta: Muhamad Nurman
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024