Jakarta (ANTARA) - Calon Presiden RI terpilih Prabowo Subianto mengucapkan terima kasih kepada insan pers yang telah bekerja keras selama proses Pemilu 2024.

"Terima kasih media dan pers yang bekerja keras untuk memberi berita dan memberi pengetahuan kepada seluruh rakyat Indonesia," kata Prabowo di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

Prabowo lantas mengatakan bahwa pers yang bebas adalah syarat mutlak demokrasi.

"Pers yang bebas dan vital adalah syarat mutlak dari demokrasi. Walaupun kadang-kadang pedas di telinga, tetapi tetap kami terima kasih ke media pers kita," ujarnya.

Sementara itu, Prabowo merasa mendapatkan kehormatan dan kepercayaan besar setelah ditetapkan KPU RI sebagai Capres RI terpilih.

"Kami mohon restu dari seluruh rakyat Indonesia. Tentunya kami selalu mohon kekuatan dari Yang Maha Kuasa atas kepercayaan yang diberikan kepada kami mampu kami pikul, mampu kami laksanakan, dan kami mampu memberi yang terbaik untuk rakyat kita," katanya.

Sebelumnya, Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari mengatakan bahwa penetapan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon terpilih pada Pemilu Presiden dan Wakil Presiden 2024 sesuai dengan Keputusan KPU Nomor 504 Tahun 2024.

"Keputusan KPU Nomor 504 Tahun 2024 tentang Penetapan Pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden Terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024," ujar Hasyim di Kantor KPU RI, Jakarta, Rabu.

Hasyim melanjutkan, "memutuskan, kesatu, menetapkan, pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih dalam Pemilihan Umum Tahun 2024 menetapkan pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 2 H. Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pasangan calon presiden dan wakil presiden terpilih periode tahun 2024—2029 dalam Pemilihan Umum Tahun 2024."

Ketua KPU RI menjelaskan bahwa Prabowo-Gibran berhasil meraih 96.214.691 suara atau 58,59 persen dari total suara sah nasional dan memenuhi sedikitnya 20 persen suara di setiap provinsi yang tersebar di 38 provinsi di Indonesia.

Adapun keputusan ini mulai berlaku sejak ditetapkan pada hari Rabu, 24 April 2024.
Baca juga: Prabowo ucapkan terima kasih ke Jokowi
Baca juga: Prabowo: Di dalam atau luar pemerintahan, kita berjuang untuk rakyat
Baca juga: Anies soal Prabowo singgung senyumannya berat: Biasa saja
Baca juga: Prabowo: Kami bersyukur kita telah menjalankan proses demokrasi
Baca juga: Prabowo: Selanjutnya kami akan bekerja keras

Pewarta: Rio Feisal
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024