Dengan mengelola travel demand secara efektif, Nusantara akan mengurangi jarak tempuh perjalanan, sekaligus mendorong penggunaan transportasi publik
Jakarta (ANTARA) - Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) mengungkapkan transformasi mobilitas perkotaan atau transformation of urban mobility menjadi faktor kunci untuk mewujudkan Nusantara sebagai kota hutan berkelanjutan.

"Transformasi mobilitas urban di Nusantara, Kalimantan Timur merupakan faktor kunci untuk mewujudkan IKN sebagai kota hutan berkelanjutan," ujar Kepala OIKN Bambang Susantono dalam seminar daring di Jakarta, Rabu.

Bambang menambahkan, transformasi mobilitas perkotaan ini selaras dengan target IKN untuk menjadi kota bebas karbon pada 2045 di mana itu lebih cepat dari target bebas karbon nasional pada 2060.

Transformasi mobilitas perkotaan tersebut perlu diawali dengan manajemen travel demand melalui rencana tata kota yang efektif, mencegah urban sprawl dengan delineasi urban yang jelas serta mendorong area mixed-used.

Pendekatan ini mendukung wilayah dengan kepadatan tinggi dan menggerakkan pertumbuhan ekonomi.

"Dengan mengelola travel demand secara efektif, Nusantara akan mengurangi jarak tempuh perjalanan, sekaligus mendorong penggunaan transportasi publik serta mobilitas aktif seperti berjalan kaki dan bersepeda," kata Bambang.

Kebijakan OIKN sendiri akan berfokus pada pemberian insentif terhadap opsi-opsi yang berkelanjutan dan membatasi penggunaan kendaraan pribadi.

Berdasarkan Lampiran Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 tentang Rencana Induk IKN, ibu kota baru akan menjadi mesin penggerak perekonomian bagi Kalimantan dan menjadi pemicu penguatan rantai nilai domestik di seluruh Kawasan Timur Indonesia.

Pembangunan IKN menempatkan Indonesia dalam posisi yang lebih strategis dalam jalur perdagangan dunia, aliran investasi, dan inovasi teknologi. Selain itu, IKN juga akan menjadi percontohan bagi pengembangan kota yang hijau dan berkelanjutan yang didorong oleh penerapan teknologi terkini.

Visi "Kota Dunia untuk Semua" tidak hanya menggambarkan masyarakat yang akan tinggal di IKN pada masa depan, tetapi juga kondisi lingkungan yang akan dipulihkan dan dipertahankan.

Baca juga: Transportasi cerdas wujudkan transformasi mobilitas perkotaan di IKN
Baca juga: IKN hadirkan transportasi pintar, dari mobilitas otonom hingga drone
Baca juga: OIKN: Swasta domestik dan internasional minati pengembangan EV di IKN

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2024