Nilai, inklusivitas, inovasi, dan melayani masyarakat yang belum tersentuh adalah landasan utama AirAsia.
Jakarta (ANTARA) - Grup Penerbangan AirAsia mengumumkan penunjukan Tan Sri Tony Fernandes sebagai penasihat dan pengurus Grup Chief Executive Officer (Advisor and Steward Group Chief Executive Officer).
 
"Seiring dengan dimulainya era baru bagi grup maskapai penerbangan kami, kepemimpinan visioner Tony, keahlian bisnis yang luar biasa, pengetahuan, dan jaringan luas di industri global tidak hanya akan menjamin kelangsungan, tetapi juga akan membantu kami melewati fase transformasi signifikan berikutnya," ujar Chairman of AirAsia Aviation Group Tan Sri Jamaludin Ibrahim sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Rabu.
 
Hal itu, kata dia pula, menjadi bagian integral dalam mempersiapkan AirAsia Aviation Group untuk menjadi penyedia penerbangan regional terkemuka dengan nilai terbaik di rute jarak dekat, menengah, dan jauh di Asia dan sekitarnya.
 
Dalam peran barunya, Tony tidak hanya akan melakukan pengawasan strategis terhadap Grup Penerbangan AirAsia, termasuk perencanaan ekspansi dan suksesi, serta penghubung utama antara Capital A dan ekosistem bisnis penerbangan.
 
Selain itu, Tony juga akan melanjutkan dialog yang berkelanjutan dengan para pemangku kepentingan utama termasuk pariwisata dan pemerintah, penyewa, bankir dan pemasok termasuk Airbus dan GE.
 
Sementara itu, Group CEO of AirAsia Aviation Group Bo Lingam menuturkan, Tony merupakan sosok yang tepat untuk mengambil peran sebagai penasihat strategis untuk grup penerbangan.
 
Dia juga menilai, visi dan dorongan Tony akan mampu mewujudkan strategi untuk menjadi grup penerbangan dengan berbasis nilai yang paling dicari dan menguntungkan di kawasan ini dan sekitarnya.
 
Advisor and Steward at AirAsia Aviation Group Tan Sri Tony Fernandes mengaku antusias mengenai masa depan AirAsia Aviation Group. Lewat strategi ekspansi maskapai, yakin akan mencapai tingkat yang lebih tinggi lagi melalui peningkatan konektivitas, fleksibilitas yang lebih besar, dan kemampuan tambahan untuk terbang ke destinasi baru yang belum pernah disinggahi sebelumnya.
 
“Nilai, inklusivitas, inovasi, dan melayani masyarakat yang belum tersentuh adalah landasan utama AirAsia. Sebagai grup penerbangan dengan lebih dari 300 pesanan pesawat berspesifikasi baru, jarak tempuh lebih jauh, dan rendah emisi, kami akan terus menjangkau benua lainnya, termasuk juga Eropa, Afrika, dan Amerika Serikat," ujarnya.
 
Di saat yang sama, kata Tony lagi, sebagai CEO Capital A, penunjukan ini akan memungkinkannya untuk tidak hanya mengawasi tim kepemimpinan senior di bidang penerbangan, tetapi juga memastikan memanfaatkan peluang secara maksimal dengan ekosistem digital yang dimiliki.
 
"Kami berfokus untuk menjadi perusahaan penerbangan, teknik, kargo terkemuka, serta menjadi platform logistik dan pilihan perjalanan bagi semua orang. Tidak hanya di kawasan ASEAN dimana kehadiran kami sangat kuat, tetapi juga di seluruh dunia," katanya lagi.
Baca juga: Tony Fernandes dan Kamarudin mundur sementara dari AirAsia
Baca juga: AirAsia proyeksikan pertumbuhan penumpang lampaui sebelum pandemi
​​​​​

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024