Damaskus (ANTARA) - Di kawasan tua al-Halbouni di Damaskus, ibu kota Suriah, melewati gerbang sempit, para kutu buku dapat mengakses "perpustakaan" yang unik, tempat mereka dapat membenamkan diri dalam kegiatan membaca di tengah deretan rak buku.

Toko buku bernama Modern Library milik Bashir Jarkas itu memiliki koleksi lebih dari 100.000 buku dan telah menjadi landmark di daerah tersebut selama hampir enam dekade. Jarkas yang berusia 80 tahun telah mendedikasikan hidupnya untuk berbagi kecintaannya membaca kepada masyarakat.
 
  Khalil Hadad, manajer Perpustakaan Rumah Osama, membaca buku di toko buku di kawasan Victoria di Damaskus, Suriah, 20 April 2024. (Xinhua/Ammar Safarjalani) 


Berbicara kepada Xinhua, Jarkas mengatakan kebiasaan membaca masyarakat terus berkembang dan preferensi mereka pun berubah seiring berjalannya waktu. Dulu, teks-teks keagamaan, politik, dan puisi adalah beberapa pilihan yang paling populer, namun kini terdapat peningkatan permintaan untuk novel dan buku-buku tentang pertumbuhan pribadi.   

Cucunya, yang juga bernama Bashir, mengikuti jejak sang kakek, dengan bekerja di toko buku dan berencana untuk meneruskan warisan keluarga. Menurutnya, bisnis menjual buku adalah bisnis yang mulia.

"Saya tidak bisa hidup tanpa buku. Membaca sama pentingnya seperti makanan dan minuman bagi saya," tutur Jarkas.

"Saya menyarankan semua orang untuk terus membaca karena hal ini bermanfaat bagi mereka, anak-anak, dan masyarakat secara keseluruhan. Sangat disayangkan jika seseorang mengabaikan buku," tambah Jarkas.
 
Bashir Jarkas membaca buku di toko bukunya, Perpustakaan Modern, di pasar buku tua al-Halbouni di Damaskus, Suriah, 20 April 2024. Dengan lebih dari 100.000 buku, landmark ini telah menjadi surga bagi para kutu buku selama hampir enam dekade, berkat dedikasi Jarkas yang berusia 80 tahun. (Xinhua/Ammar Safarjalani)   


Di sebuah toko buku lain di Damaskus, Khalil Hadad, Manajer Perpustakaan Osama House, menyatakan keprihatinannya atas menurunnya minat untuk membaca dan membeli buku di Suriah, karena biaya hidup yang tinggi membuat buku-buku baru semakin tak terjangkau.

Meskipun tren membaca daring semakin berkembang, Jarkas percaya bahwa buku konvensional masih memiliki daya tarik tersendiri yang tidak dapat ditiru.

"Buku mempertahankan pesonanya ketika Anda membukanya, membacanya, dan berinteraksi dengan halaman-halamannya," ujarnya.
 
Bashir Jarkas dan cucunya menata buku di toko bukunya, Perpustakaan Modern, di pasar tua al-Halbouni untuk membeli buku di Damaskus, Suriah, 20 April 2024. (Xinhua/Ammar Safarjalani)   


Menurut Hadad, orang-orang menemukan cara-cara kreatif untuk berbagi buku. "Ada beberapa pembaca yang bekerja sama untuk membeli satu buku, sedangkan yang lainnya lebih memilih untuk membeli sebuah buku dan berbagi dengan sesama anggota kelompok. Ada juga yang meminjam dari perpustakaan umum," kata Hadad.

Pada kesempatan Hari Buku Sedunia yang diperingati pada 23 April, Hadad menyoroti pentingnya membaca sebagai cahaya kehidupan, mengatakan bahwa membaca buku merupakan cara yang unik untuk menghadirkan kegembiraan bagi masyarakat dengan membangun hubungan spiritual antara pembaca dan buku.


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024