Beirut (ANTARA News) - Wakil Ketua Komite Keamanan Nasional di Parlemen Iran Mansour Hakikat, Jumat, menyampaikan penghargaan negaranya kepada rakyat dan Pemerintah Lebanon atas dukungan besar mereka setelah serangan terhadap Kedutaan Besar Iran di Beirut.

Ia menambahkan Pemerintah Iran yakin "dinas keamanan dan Pemerintah Lebanon akan berbuat sekuat mungkin guna melindungi Kedutaan Besar dan lembaga Iran di Lebanon, demikian laporan Xinhua. Ia membantah desas-desus mengenai pemindahan kedutaan besar tersebut ke tempat baru.

Sebanyak 26 orang tewas dan lebih dari 150 orang lagi cedera, setelah dua ledakan bom yang ditujukan kepada Kedutaan Besar Iran di pinggiran selatan Beirut pada 20 November.

Atase kebudayaan Iran tewas dalam serangan tersebut. Laporan media berspekulasi serangan itu ditujukan kepada duta besar Iran.

Satu kelompok yang berafiliasi pada Al Qaida "Brigade Abdallah Azzam" mengaku bertanggung-jawab atas serangan tersebut, dan menyatakan serangan itu ditujukan untuk "menekan Hizbullah agar menarik petempurnya dari Suriah".

(C003)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013