Optimisme konsumen terhadap ekonomi Jateng yang tetap kuat tersebut didukung hasil survei di Kota Semarang, Solo, Purwokerto, dan Tegal, serta, selaras dengan hasil Survei Konsumen secara nasional.
Semarang (ANTARA) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah menyebutkan bahwa optimisme masyarakat terhadap perekonomian masih kuat yang terlihat dari angka Indeks Keyakinan Konsumen (IKK).

Deputi Kepala Perwakilan BI Jateng Ndari Surjaningsih, di Semarang, Kamis, menyebutkan IKK Maret 2024 tercatat sebesar 132,23 dan berada di atas level optimis (> 100).

"Optimisme konsumen terhadap ekonomi Jateng yang tetap kuat tersebut didukung hasil survei di Kota Semarang, Solo, Purwokerto, dan Tegal, serta, selaras dengan hasil Survei Konsumen secara nasional," katanya.

Baca juga: BI: Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat

Menurut dia, hasil survei dari keempat daerah itu selaras dengan hasil survei konsumen secara nasional, dengan seluruhnya berada di atas level optimis dan masih selaras dengan hasil survei konsumen secara nasional.

"Masih kuatnya persepsi positif konsumen terhadap ekonomi Jateng ditopang oleh indikator saat ini dan ekspektasi ke depan. Ke depan, optimisme konsumen diprakirakan masih tetap tinggi," katanya.

Ia menyebutkan optimisme terhadap ekonomi ke depan yang masih tinggi terefleksi pada Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) Maret 2024 yang berada pada level optimis (146,58).

Baca juga: Core estimasikan ekonomi RI kuartal I 2024 tumbuh 4,9-5,1 persen

Masih kuatnya IEK, kata dia, didukung komponen ekspektasi penghasilan konsumen dan ketersediaan lapangan kerja, serta kegiatan usaha.

"Kondisi keuangan konsumen selaras dengan optimisme terhadap perekonomian Jateng. Tingkat konsumsi masyarakat masih tetap terjaga," pungkasnya.

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024