Manado (ANTARA) - Personel Pangkalan TNI Angkatan Udara Sam Ratulangi (Lanudsri) turut berpartisipasi dalam membersihkan dan memperbaiki fasilitas umum pasca erupsi Gunung Ruang di Kecamatan Tagulandang, Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro(Sitaro) Sulawesi Utara, Kamis.

Kapen Lanudsri Mayor Sus Dhanu Wijaya, di Manado, Kamis mengatakan setelah dipastikan level erupsi Gunung Ruang turun dari level awas menjadi siaga, TNI di wilayah Sulawesi Utara, termasuk didalamnya Lanud Sam Ratulangi mengirimkan personel untuk membantu percepatan pemulihan wilayah, yang tergabung dalam Satgas Bakti TNI.

Di bawah pimpinan Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, beberapa kegiatan yang menjadi fokus Bakti TNI antara lain perbaikan RSUD Tagulandang, pelaksanaan bakti sosial pengobatan umum, pembersihan puing-puing bangunan di Balai Latihan Kerja (BLK), penyediaan dapur umum dan MCK di lokasi pengungsian, pembersihan jalan pelabuhan.

"Bersama personel di jajaran Kodam XIII/Merdeka dan Lantamal VIII, Lanud Sam Ratulangi membantu membersihkan puing-puing bangunan di BLK, memperbaiki RSUD Tagulandang, memindahkan bantuan sosial ke posko utama," katanya.

Ia menambahkan tidak hanya itu, personel RSAU dr. Charles P.J. Suoth Lanud Sam Ratulangi membantu masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan yang berada di Pendopo Tagulandang.

Gunung Ruang, di Tagulandang, Kabupaten Sitaro, erupsi pada 16 April 2024 setelah terjadi peningkatan aktivitas kegempaan.
Baca juga: Dampak Gunung Ruang, kunjungan wisata dua desa di Sitaro masih ditutup
Baca juga: Pemprov salurkan beras 23,43 ton untuk korban erupsi Gunung Ruang

Baca juga: 498 rumah warga dan fasilitas publik rusak akibat erupsi Gunung Ruang

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024