Jakarta (ANTARA) - Berita tentang upaya pemerintah melindungi anak-anak dari dampak perubahan iklim menjadi salah satu berita populer dalam kanal humaniora Antaranews.com pada Kamis (25/4).
 
Pemerintah mendorong agar anak-anak juga berpartisipasi di dalam upaya membangun ketahanan diri, keluarga, dan lingkungannya agar bisa melakukan adaptasi dengan dampak dari perubahan iklim.
 
Kementerian Kesehatan melaporkan terjadi penurunan kasus malaria di Indonesia. Meski demikian, Indonesia masih menduduki posisi kedua tertinggi di Asia setelah India.
 
Pada 2023, kasus malaria paling banyak ditemukan di Papua, Papua Tengah, Papua Selatan, dan Papua Pegunungan.
 
 
Berikut rangkuman berita populer selengkapnya:
 
 
Kemenko PMK ingatkan dampak perubahan iklim terhadap hak anak
 
Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) mengingatkan dampak perubahan iklim terhadap anak-anak sehingga terdapat rencana mitigasi yang mempertimbangkan sudut pandang anak.
 
Indeks Risiko Iklim Anak yang dikeluarkan UNICEF pada 2021 menyebutkan Indonesia berada dalam peringkat ke-46 dari 195 negara dengan faktor iklim dan lingkungan padan tingkat keparahan sangat tinggi yaitu 8,1 dan kerentanan anak 4,2.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
BNPB: 14.045 jiwa terdampak erupsi Gunung Ruang di Kepulauan Sitaro
 
Sebanyak 14.045 jiwa yang terdiri atas 6.842 laki-laki dan 7.044 perempuan terdampak erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara.
 
Jumlah warga yang mengungsi sebanyak 6.125 jiwa dengan rincian 2.943 laki-laki dan 3.182 perempuan yang tersebar di 13 titik pengungsian.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Kemenkes: Kasus malaria RI turun, tapi masih tertinggi kedua di Asia
 
World Malaria Report 2023 melaporkan India dan Indonesia masih menyumbang sekitar 94 persen kematian akibat malaria di seluruh kawasan WHO Asia Tenggara.
 
Kementerian Kesehatan mencatat adanya penurunan angka kejadian malaria berkisar 25 ribu kasus dalam kurun setahun terakhir, meskipun hingga saat ini Indonesia masih menempati posisi kedua kasus tertinggi di Asia setelah India.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
RI terima dua sertifikat inskripsi warisan budaya dunia dari UNESCO
 
Aksi Indonesia dalam melestarikan dan memajukan kebudayaan mendapatkan apresiasi dari UNESCO. Organisasi PBB yang membidangi kebudayaan itu memberikan dua sertifikat inskripsi warisan dunia kepada Indonesia.

Sertifikat pertama diberikan atas penetapan Sumbu Filosofis Yogyakarta. Sedangkan, sertifikat kedua atas penetapan Budaya Sehat Jamu atau Jamu Wellness Culture.
 
Baca selengkapnya di sini.
 
 
Gempa berkekuatan 5,3 magnitudo terjadi di Gorontalo
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan telah terjadi gempa berkekuatan 5,3 magnitudo di wilayah Kota Gorontalo, Sulawesi Utara, Kamis dini hari sekitar pukul 00.01 WIB.
 
Gempa tersebut terletak di laut berjarak 45 kilometer Tenggara Boalemo, pada ke dalaman 156 kilometer.
 
Baca selengkapnya di sini.

Pewarta: Sugiharto Purnama
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024