Beijing (ANTARA) - Konferensi Antariksa China telah merilis daftar tantangan di bidang astronautika setiap tahun sejak 2020. Tahun ini menguraikan sepuluh isu, seperti efek medan gravitasi pada pemanfaatan sumber daya luar angkasa dan dinamika skala mesoskopik objek luar angkasa.

Tantangan lainnya mencakup mekanisme dan metode manipulasi partikel bermuatan di luar angkasa, pemanfaatan CO2 Mars di tempat untuk eksplorasi luar angkasa berawak ke luar angkasa dalam, desain misi dan teknologi utama eksplorasi planet es, serta teknologi konstruksi antena astronomi radio berbasis Bulan seluas satu kilometer persegi.

Teknologi-teknologi mengenai konstruksi dan pengoperasian pusat komputasi luar angkasa, pendaratan pintar dan fleksibel untuk deteksi dan pengembangan benda angkasa kecil, penerapan industri model penginderaan jarak jauh luar angkasa, dan evaluasi cepat serta verifikasi untuk roket yang dapat digunakan kembali, juga disebutkan.

Wang Wei, direktur Departemen Penelitian dan Pengembangan di bawah China Aerospace Science and Technology Corporation, mengumumkan daftar tersebut.

Daftar tersebut akan mendorong penelitian teknologi baru dan disruptif di bidang kedirgantaraan, memperkuat mekanisme inovasi kolaboratif, menciptakan rantai inovasi sains dan teknologi, serta mendorong inovasi dan pengembangan tingkat tinggi di bidang kedirgantaraan, imbuhnya.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024