Jakarta (ANTARA) - Persatuan Golf Indonesia (PGI) mencatat atlet golf putri Indonesia Elaine Widjaja mengamankan satu gelar juara pada kejuaraan golf internasional 2nd North Sumatera Amateur Open 2024 di Royal Sumatra Golf Course, Sumatera Utara (Sumut).

"Elaine Widjaja berhasil keluar sebagai juara di kategori putri setelah memenangi babak playoff menghadapi rekan sesama pemain tim nasional Kristina Natalia Yoko," ujar Kepala Bidang Kejuaraan dan Prestasi Pengurus Besar PGI Adi Saksono ketika dihubungi melalui saluran telpon di Jakarta, Jumat.

Ia menjelaskan, dalam ajang itu, Elaine memang butuh perjuangan ekstra di hari terakhir. Dalam sembilan hole terakhir, atlet binaan Pengurus Provinsi PGI Jawa Tengah itu mencatatkan dua birdie, empat par, dan tiga bogey.

Dengan ketenangan dan semangat juang yang masih tersisa, kata dia, membuat atlet yang menjuarai kejuaraan Medco-Pondok Indah International Junior Golf Championship 2023 itu mampu mengakhiri pertandingan dengan sumringah.

Sementara itu, Yoko yang memulai hari terakhir dari posisi T4 juga tampil cukup percaya diri. Tercatat, dalam sembilan hole terakhir, atlet binaan PGI DKI Jakarta ini hanya sekali gagal karena meraih bogey yakni di hole 15, selebihnya mencatatkan tujuh par dan satu birdie.

Baca juga: Elaine tampil mendominasi pada kejuaraan golf internasional di Sumut

Sedangkan dari kategori putra, atlet-atlet tanah air harus mengakui keunggulan para atlet tamu. Wakil asal Malaysia Anson Yeo Boon Xiang tidak tergoyahkan dari posisi puncak klasemen sejak hari kedua.

Dengan kemampuan mencatatkan 72 pukulan, Anson berhak meraih gelar juara di kategori putra. Posisi runner-up ditempati oleh atlet asal Thailand Lapassapon Heras-Gomez yang membukukan skor 215 pukulan atau satu di bawah par.

Sedangkan posisi terbaik wakil Indonesia ada di peringkat T6 yang diisi oleh Asa Najib Bhakti, Rayhan Abdul Latief, dan Christianto Sinuhaji. Mereka sama-sama menyelesaikan pertandingan dengan total skor 226 pukulan atau 10 di atas par.

Adi menambahkan, kejuaraan golf yang diikuti 77 atlet dari berbagai negara untuk memperebutkan Piala NSAO 2024 dan juga piala bergilir Gubernur Sumatera Utara dan Ketua PGI Sumatera Utara itu menjadi ajang bagi atlet golf tanah air untuk menguji kemampuan mereka dalam kompetisi berskala internasional.

Kejuaraan yang digelar untuk kedua kalinya dan diinisiasi PGI Sumatera Utara itu, kata dia, diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet muda berbakat pada cabang olahraga golf yang nantinya meningkat dari kelas amatir ke profesional hingga dapat bertanding ke mancanegara dan mengharumkan Indonesia.

Baca juga: PGI: Kejuaraan internasional di Sumut ajang uji kemampuan pegolf lokal
Baca juga: Amadeus dan Gemilau raih juara Indonesia Amateur Golf Open 2024

Pewarta: Aloysius Lewokeda
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2024