kita memprioritaskan pemasangan pipa secara masif yang bertujuan agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Pusat dan Perumda PAM Jaya berupaya memenuhi target penyediaan air minum perpipaan bagi warganya dengan memprioritaskan pemasangan pipa pada wilayah yang masih rendah cakupan air minumnya. 

"Ketika di salah satu wilayah cakupannya masih rendah di situ kita memprioritaskan pemasangan pipa secara masif yang bertujuan agar kebutuhan masyarakat bisa terpenuhi," kata Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma di Jakarta, Jumat, saat menyampaikan sosialisasi sambungan air minum perpipaan bersama Perumda PAM Jaya.

Dhany menyebut kegiatan konversi penggunaan air tanah menjadi sistem penggunaan air minum perpipaan diperlukan demi membuat lingkungan dan masyarakat sehat.

Dia berpendapat air bersih merupakan kebutuhan dasar dan masuk ke dalam layanan dasar. Dalam pemenuhannya, imbuh Dhany, ada keterlibatan berbagai sektor termasuk PAM Jaya.

Oleh karena itu, Dhany mengatakan Pemerintah Kota Jakarta Pusat dan Perumda PAM Jaya bersinergi dan berkomitmen memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat khususnya di Jakarta Pusat, sekaligus sebagai upaya mewujudkan Jakarta sebagai kota global.

Pemerintah Kota, sambung dia, berencana bersama jajaran kecamatan dan kelurahan serta lembaga kemasyarakatan untuk memulai pergerakan dan bersinergi secara kolaborasi untuk mengintervensi pada kelompok-kelompok sasaran utamanya.

Sementara itu, Direktur Pelayanan Perumda PAM Jaya Syahrul Hasan mengungkapkan bahwa pengerjaan pemasangan PAM perpipaan di wilayah DKI Jakarta saat ini sudah mencapai 67 persen dan ditargetkan rampung pada tahun 2030.

"Salah satu target utama kita untuk percepatan air 100 persen itu tentu sementara akan menyasar ke seluruh jajaran kantor pemerintah pusat dan pemerintah daerah salah satunya di kantor-kantor kelurahan dan kecamatan dan selanjutnya kita mendorong ke lokasi-lokasi yang belum ada jaringannya," tutur dia.

Sementara untuk wilayah Jakarta Pusat, sambung dia, menyisakan sekitar 20 persen dalam pemenuhan kebutuhan perpipaan dari PAM Jaya.

"Semoga sosialisasi ini dapat mempererat sinergi antar kelurahan dan kecamatan dalam pemenuhan air minum perpipaan," demikian kata dia.
Baca juga: PAM Jaya bantu air bersih ke fasilitas umum akibat kebocoran pipa
Baca juga: PAM Jaya sediakan bantuan di lokasi kebocoran pipa air baku PJT II

Baca juga: DKI punya ratusan pompa untuk percepat surutnya banjir

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024