Jambi (ANTARA) - PT Pertamina Fuel Terminal (FT) Jambi menyalurkan bantuan dalam bentuk peralatan pengelolaan sampah dan pelanggaran merusak lingkungan dalam Program Kampung Iklim (Proklim) kepada Kelurahan Kasang dan Kelurahan Sejinjang, Kota Jambi.

Fuel Terminal Manager Jambi Agung Surendro dalam keterangan tertulis yang diterima di Jambi, Jumat, mengatakan bantuan yang diberikan kepada kedua wilayah itu merupakan hal yang tepat mengingat wilayah tersebut mengalami perubahan iklim yang cukup sering.

“Wilayah Kelurahan Kasang dan Kelurahan Sejinjang sering mengalami dampak perubahan iklim dan belum dapat teratasi, misalnya banjir yang menimbulkan banyak kerugian. Oleh karena itu, kami membantu mendorong masyarakat dalam menguatkan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim tersebut,” kata Agung.

Baca juga: Pertamina mengelola sampah di Kota Jambi jadi maggot pakan ternak

Area Manager Communication, Relation & CSR Sumbagsel Tjahyo Nikho Indrawan menegaskan bahwa Pertamina berupaya untuk selalu memberikan dukungan pada Program Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) pada kegiatan Proklim ini dan berharap dapat membawa perubahan lebih baik dari masyarakat agar lebih mawas terhadap lingkungan.

Dia menyebutkan Pertamina sebagai perusahaan yang peduli dan tanggap terhadap perubahan iklim akan terus berupaya untuk terus mendukung dan mendampingi masyarakat dalam menjaga lingkungan hidup.

"Bersama-sama, kita bisa melawan krisis lingkungan demi masa depan yang lebih baik,” kata Nikho.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga bantu pengembangan usaha kelompok UMKM Jambi

Kegiatan Proklim ini mendukung penanganan perubahan iklim pada Sustainable Development Goals (SDGs) dan akan terus berkomitmen dalam melaksanakan program yang didasari pada pendekatan adaptasi dan mitigasi pada aspek Environmental, Social, dan Governance (ESG) dengan mendukung Program Kampung Iklim.

Bantuan yang diberikan itu juga mendorong kesadaran masyarakat dalam meningkatkan adaptasi dengan dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca.

Adapun bantuan yang diserahkan kepada masing-masing kelompok di Kelurahan Kasang dan Kelurahan Sejinjang itu berupa alat komposting, plang biopori, tempat sampah, plang larangan membuang sampah, plang jalur evakuasi, plang assembly point, dan spanduk larangan membakar hutan diberikan kepada masyarakat yang secara langsung diwakili oleh ketua di setiap kelompok.

Baca juga: PHE Jambi Merang terapkan inovasi menuju masyarakat mandiri cinta bumi

Ketua Kelompok Proklim Sehati Sugianto menyampaikan terima kasih kepada Pertamina atas bantuan yang disalurkan guna membenahi lingkungan.

“Kami sangat berterima kasih kepada pihak Pertamina atas bantuan yang telah diberikan dalam memperbaiki lingkungan kami,” kata Sugianto.

Pewarta: Tuyani
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024