Makassar (ANTARA) - Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono, menyerahkan 50 sertipikat hasil dari program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dalam kunjungan kerjanya ke Gowa, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Ia didampingi Penjabat Gubernur Sulawesi Selatan, Bahtiar Baharuddin, dan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan, menyerahkan sertipikat secara dari pintu ke pintu ke rumah warga di Kelurahan Romangpolong, Kabupaten Gowa.

AHY mengatakan, aset yang memiliki sertipikat tentunya memiliki nilai tambah secara ekonomi dan senang sekali bisa menyerahkan sertipikat tanah kepada warga, yang berbentuk PTSL.

Baca juga: AHY ajak rakyat lawan mafia tanah dengan miliki sertifikat

"Ini momen yang telah dinantikan oleh masyarakat setelah menghuni dan tinggal di lokasi atau di atas tanah selama puluhan tahun dan mendapat sertipikat. Sertipikat ini menjadi kepastian hukum atas tanah," jelasnya.

Dalam kunjungan kali ini, dia juga menyerahkan 16 sertipikat tanah wakaf dan rumah ibadah. Selain itu, ia juga menyerahkan satu Sertipikat Hak Pakai milik Kementerian Pertahanan. Penyerahan ini berlangsung di Masjid Al-Walidain, Kelurahan Romangpolong.

Baca juga: Menteri ATR/BPN ungkap dua kasus mafia tanah di Polda Sultra

Di tempat ini juga diserahkan sertipikat wakaf untuk rumah yatim dan sekolah tahfidz di Bone, sekolah MTs di Takalar, pesantren di Sidrap, asrama pesantren di Barru, gereja di Kabupaten Toraja Utara dan Kabupaten Tana Toraja, serta vihara di Kabupaten Pinrang.

Sementara Bahtiar mengatakan, program sertifikat gratis ini merupakan salah satu solusi mengatasi kemiskinan di Indonesia, termasuk di Sulawesi Selatan. Salah satu sumber kemiskinan itu karena kepemilikan aset atau kemiskinan struktural.

Baca juga: AHY ajak taruna STPN kuasai teknologi bidang pertanahan

"Atas nama Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, syukur dan terima kasih dan penghargaan dan penghormatan setinggi-tinggi kepada Bapak Menteri," kata Burhanuddin.

Selama dua hari kunjungannya di Sulawesi Selatan yakni 27-28 April 2024, AHY turut meninjau Kantor Wilayah BPN Provinsi Sulawesi Selatan untuk memastikan seluruh program dan layanan kementerian berjalan secara baik.

Baca juga: Kantor Pertanahan Bekasi serahkan 100 sertifikat program PTSL

Ia juga meresmikan Balla "Pa'Jamakang", yakni Ruang Terpadu dengan Strategi Komunikasi di Kanwil BPN Provinsi Sulawesi Selatan, dan akan meninjau Kantor Pertanahan Makassar, Minggu (28/4/2024).

Kehadirannya bertujuan memastikan Pelayanan Pertanahan Akhir Pekan (PELATARAN) di Kantor Pertanahan Makassar berjalan lancar. Selain itu, kunjungannya juga dalam rangka mendeklarasikan implementasi layanan Sertipikat Tanah Elektronik.

Baca juga: ATR/BPN terima audiensi Kemen BUMN mengawal perubahan hak lahan ITDC

Setelah pendeklarasian tersebut, AHY akan langsung menyerahkan Sertipikat Tanah Elektronik milik pemerintah daerah. Langkah ini merupakan wujud dari komitmen Kementerian ATR/BPN untuk menjadikan 104 kantor pertanahan kabupaten/kota elektronik pada 2024.
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024