Sidoarjo (ANTARA) - Ketua Umum PP Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa menitipkan doa kedamaian dunia kepada calon haji dari Muslimat NU di Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur.

"Pada panjenengan (anda) yang akan melaksanakan ibadah haji, saya titip doa. Selain berdoa untuk kepentingan pribadi, doa untuk Sidoarjo, Muslimat, NU, Jawa Timur, dan doa untuk Indonesia, saya titip agar panjenengan (anda) berdoa untuk ketenteraman dan kedamaian dunia," katanya di sela pelepasan calon haji PC Muslimat NU Sidoarjo.

Dalam keterangan tertulisnya, Sabtu, Khofifah mengatakan total terdapat 36 calon haji yang dilepas dalam kegiatan itu.

"Mereka yang akan berangkat haji akan menjalankan puncak ibadah haji dengan wukuf di Padang Arafah yang mana doanya akan sangat mustajabah dan diijabah oleh Allah SWT," katanya.

Baca juga: Khofifah bagikan tiga semangat majukan ekonomi pesantren

Ia mengatakan saat ini dunia tidak sedang baik-baik saja mengingat perang antara Rusia dengan Ukraina masih berlanjut dan tidak tahu kapan akan selesai serta perang antara Israel dan Palestina.

"Dan saat ini juga ditambah antara Israel dan Iran yang sudah saling berkirim rudal," ucapnya.

Menurut dia, kondisi dunia global yang sedang bergejolak berpotensi mendatangkan dampak negatif juga bagi negara-negara lain di dunia, termasuk Indonesia. Terbukti, dari kondisi Iran dan Israel yang mulai memanas, mulai berdampak pada nilai tukar rupiah.

"Yang dalam prediksi ke depan juga akan berdampak pada harga minyak dunia, dan seterusnya. Hal itu tentunya juga akan berpengaruh pada ekonomi Indonesia dan ekonomi dunia. Jika itu terjadi tentunya yang akan merasakan dampaknya adalah masyarakat ekonomi bawah," tuturnya.

Baca juga: Khofifah ajak masyarakat Jatim semakin budayakan literasi

Ia berharap jangan sampai terjadi perang dunia ketiga sehingga nanti saat wukuf di Arafah, ketika berkumpul dengan jutaan umat manusia yang lain didoakan bersama agar Allah SWT segera menurunkan pintu kedamaian dan ketenteraman di muka bumi.

"Insya Allah, doa yang dipanjatkan akan diijabah oleh Allah SWT dan dunia kita menjadi kembali aman, damai, dan tenteram," ucapnya.

Pada kegiatan ini, Khofifah juga berterima kasih pada seluruh jajaran Muslimat NU di Kabupaten Sidoarjo yang terus aktif menjalankan berbagai amaliyah, dzikir, dan doa menjaga bangsa mulai dengan khataman, one day one juz, dan berbagai forum muhasabah.

Baca juga: Khofifah bangga kualitas pendidikan terus meningkat

"Seluruh upaya ini adalah upaya Muslimat NU menjaga bangsa, menjaga NU, menjaga masyarakat," ucapnya.

Pewarta: Indra Setiawan
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2024