Jakarta (ANTARA) - Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Arief Prasetyo Adi mengatakan pihaknya bersama Kementerian Pertanian beserta pemangku kepentingan bidang pangan lainnya menyiapkan 63 titik Gerakan Pangan Murah (GPM) di wilayah Jakarta, guna menstabilkan harga bawang merah.

“Dalam upaya stabilisasi bawang merah, Badan Pangan Nasional bersama Kementerian Pertanian beserta stakeholder pangan lainnya siap selenggarakan Gerakan Pangan Murah (GPM) 63 titik lokasi di wilayah Jakarta,” kata Arief dalam keterangan di Jakarta, Sabtu.

Arief menyampaikan GPM tersebut bakal mulai dilaksanakan pada 29 April sampai 8 Mei 2024. Selain GPM juga terdapat dua Pasar Mitra Tani Hortikultura (PMTH) yang akan menyediakan bawang merah jenis Batu Ijo, Bima Brebes, dan Brebes Super dengan harga yang terjangkau.

Dia menuturkan GPM bawang merah merupakan komitmen pemerintah dalam menjaga stabilitas pasokan dan harga pangan sesuai arahan langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Ini memang sesuai tugas dari Bapak Presiden Joko Widodo ke Badan Pangan Nasional dalam menjaga stabilitas pangan, dengan merangkul stakeholder pangan mulai dari pemerintah daerah, pedagang pasar, asosiasi, BUMN, BUMD hingga champion bawang merah binaan Kementan,” ujar Arief.

Baca juga: Satgas Pangan: Lebaran jadi kendala teknis harga bawang merah naik

Dalam GPM ini akan tersedia bawang merah dengan kemasan 0,5 dan 1 kilogram (kg). Bawang merah Batu Ijo dapat dibeli dengan harga Rp25 ribu per kg, bawang merah Bima Brebes di Rp35 ribu per kg, dan bawang merah Brebes Super di Rp40 ribu per kg.

Masyarakat yang berkunjung ke GPM juga dapat memperoleh komoditas pangan lainnya seperti beras, minyak goreng, gula konsumsi, telur ayam, bawang putih, cabai merah keriting, cabai rawit merah, daging ayam, dan daging sapi beku.

Bapanas menyebutkan lokasi GPM pada 29 April di Jakarta Barat akan dilaksanakan di Kantor Kelurahan Joglo. Sementara Jakarta Selatan akan digelar di beberapa Kantor Kelurahan yakni Pondok Labu, Menteng Atas, Manggarai, dan Cipedak. Sementara Jakarta Timur akan dilaksanakan di Rusun Albo Cakung Barat dan Kantor Kelurahan Halim Perdanakusuma.

Pada 30 April, GPM di Jakarta Barat ada di Kantor Kelurahan Pegadungan dan Semanan. Lalu area Jakarta Selatan akan ada di beberapa Kantor Kelurahan antara lain Petukangan Selatan, Cipulir, dan Pejaten Barat. Sementara wilayah Jakarta Timur akan dilaksanakan di Kantor Kelurahan Munjul dan Utan Kayu Selatan.

Baca juga: Bapanas elaborasi strategi ketahanan pangan demi Indonesia Emas 2045
Baca juga: Harga bawang merah di Pasar Induk Kramat Jati capai Rp70 ribu/kilogram


Selanjutnya: Pada 2 Mei

Pewarta: Muhammad Harianto
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024