Chengdu (ANTARA) - Sepasang panda raksasa akan dikirim ke Kebun Binatang San Diego di Amerika Serikat (AS) untuk memulai kerja sama perlindungan panda raksasa internasional selama 10 tahun, demikian disampaikan Asosiasi Konservasi Margasatwa China (China Wildlife Conservation Association /CWCA) pada Sabtu (27/4).

Pengiriman panda raksasa ini menandai babak baru kerja sama perlindungan hewan tersebut antara kedua negara setelah CWCA dan pihak kebun binatang menandatangani perjanjian kerja sama baru-baru ini.

Pusat Konservasi dan Penelitian Panda Raksasa China (China Conservation and Research Center for the Giant Panda/CCRCGP) akan mengirim panda jantan bernama Yun Chuan dan panda betina bernama Xin Bao, yang akan didampingi oleh sejumlah perawat panda raksasa dan dokter hewan berpengalaman ke AS.

CCRCGP telah melakukan kerja sama penelitian ilmiah dengan Kebun Binatang San Diego selama lebih dari 25 tahun, dan membuahkan hasil yang bermanfaat dalam hal perlindungan, pembiakan, pengendalian penyakit panda raksasa, dan edukasi publik terkait.

Pada Mei 2019, dua panda raksasa dikirim pulang ke China setelah tinggal di Kebun Binatang San Diego selama bertahun-tahun.

Pewarta: Xinhua
Editor: Citro Atmoko
Copyright © ANTARA 2024