Mudah-mudahan kekompakan ini terus bisa kita pelihara dan pertahankan
Jakarta (ANTARA) - Alumni Akademi Kepolisian (Akpol) 1996 Batalyon Wira Satya mengadakan reuni dan halalbihalal di Kompleks Akpol, Semarang, Jawa Tengah.

Ketua Alumni Akpol 1996 Kombes Pol Budi Herdi Susianto di Jakarta, Minggu, mengatakan kegiatan reuni ini sebagai pengikat tali silaturahmi.

"Halalbihalal dalam rangka silaturahmi di bulan Syawal, sekaligus saling bermaaf maaf dengan tujuan untuk mempererat tali silaturahmi dan kebersamaan keluarga besar Wira Satya Alumni Akpol '96," kata Kombes Pol Budi Herdi.

Budi berpesan agar rekan-rekan seangkatannya tetap menjaga persaudaraan dan kebersamaan meski berbeda pangkat dan jabatan.

"Kebersamaan ini terus terpelihara hingga pensiun nantinya dan bersamaan yang lahir dari bumi kandung yang sama, maka akan melebur dan tidak ada perbedaan lagi," katanya

Ia menyebutkan terdapat 194 dari 275 alumni Akpol 1996 dari Aceh hingga Papua yang mengikuti acara ini.

Dalam kesempatan tersebut alumni Akpol 1996 memberi tali asih kepada mantan pengasuh dan menghibahkan sejumlah alat musik kepada Akpol.

Budi menyampaikan kebersamaan ini dibalut dengan jalan hingga senam sehat. Kedatangannya rombongan Alumni Akpol '96 ini disambut Drum Corps Cendrawasih.

"Hari ini kami bernostalgia. Mudah-mudahan kekompakan ini terus bisa kita pelihara dan pertahankan, kita jaga sampai nanti, sesuai semboyan (tagline) kita 'Satu Hati Pangsiun Bahagia Bersama'. Semoga Allah SWT selalu melindungi kita di manapun berada," kata dia

Sebelumnya Akpol 1996 kerap menggelar kegiatan sosial, baik kepada sesama alumni, keluarga alumni hingga masyarakat yang terdampak bencana alam hingga ke panti-panti asuhan.

Terbaru, membangun serta menghibahkan Wisma Wira Satya di Kompleks Akpol. Wisma 3 lantai itu diresmikan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo pada Senin 26 Juni 2023.

“Kami persembahkan untuk Institusi Polri,” ujarnya.

Sementara itu Gubernur Akpol Irjen Pol Krisno H Siregar mengatakan salah satu faktor umur manusia bisa panjang adalah karena kebersamaan.

"Saya baca literatur bahwa umur yang panjang itu salah satunya ketika kita memiliki komunitas yang sehat. Saya kira semua yang hadir di sini sepakat pertemuan seperti ini membuat kita umur panjang. Semua tampak berbaur, tidak melihat apa jabatanmu, apa pangkatmu, tapi bercengkerama, senda gurau," kata Krisno yang merupakan Alumni Akpol 1991 itu.

Saat ini ada tiga alumni Akpol 1996 yang berpangkat inspektur jenderal yakni Kapolda Papua Barat Irjen Jhonny Edison Isir, kemudian Irjen Herry Heryawan yang kini bertugas di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Irjen Barito yang kini dalam penugasan di Badan Intelijen Negara (BIN).

Irjen Pol Johhny Isir adalah peraih lulusan terbaik atau menyandang predikat Adhi Makayasa Akpol 1996. Selain itu sudah ada 22 alumni Akpol 1996 yang berpangkat brigadir jenderal polisi baik di dalam maupun luar struktur Polri.
Baca juga: Polisi ungkap omzet judi online yang dibongkar capai Rp30 miliar
Baca juga: Soal oknum polisi pakai narkoba, Polda Metro Jaya: 4 positif 1 negatif
Baca juga: Kasus mayat di Pulau Pari, bermula pelaku mencari teman kencan

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024