Jakarta (ANTARA) - Apple dikabarkan tengah melakukan pembicaraan dengan pencipta ChatGPT, OpenAI dan Google untuk mengembangkan fitur kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) di sistem operasi iOS 18.

Menurut laporan Bloomberg, dikutip dari Engadget pada Minggu, Apple saat ini juga tengah mengembangkan model bahasa besar mereka sendiri untuk membekali fitur-fitur di iOS 18.

Sementara pembicaraan dengan OpenAI berfokus pada teknologi chatbot atau komponen mesin pencarian.

Baca juga: Apple bakal ubah "Apple ID" jadi "Apple Account" mulai iOS 18

Baca juga: CEO Apple soroti rencana besarnya kembangkan AI di 2024


Selain OpenAI, Apple juga tengah dalam tahap pembicaraan dengan Google mengenai pembelian lisensi Gemini, chatbot AI yang dikembangkannya, untuk disematkan pada iOS 18.

Laporan Bloomberg menyebutkan tahap pembicaraan itu masih berjalan hingga saat ini dan Apple sendiri belum memutuskan teknologi AI yang akan digunakannya. Oleh karena itu, Apple kemungkinan akan menggunakan teknologi AI dari OpenAI dan Google atau tidak dari keduanya.

Diketahui, dalam penyampaian laporan pendapatan di bulan Februari lalu CEO Apple Tim Cook mengatakan bahwa perusahaannya tengah bekerja dan berinvestasi kepada teknologi kecerdasan buatan.

Tim juga menyatakan bahwa pihaknya akan membagikan informasi mengenai perkembangan proyek AI yang dikerjakan Apple pada akhir tahun ini.

Apple mengklaim bahwa M3 MacBook Air yang baru diluncurkan pada bulan lalu sebagai laptop konsumer untuk AI terbaik di dunia. Perusahaan itu dikabarkan juga akan merilis laptop yang berpusat pada teknologi AI akhir tahun ini.

Pada awal minggu ini, Apple merilis model bahasa besar open-source yang dirancang untuk dijalankan di perangkat secara lokal daripada di cloud.

Baca juga: Neural Engine iPhone 16 dipadukan dengan fitur AI generatif iOS 18

Baca juga: Apple tunda sementara pengembangan iOS 18 dan macOS 15

 

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024