Surabaya (ANTARA) - Pelatih Persebaya Surabaya Paul Munster membeberkan alasan memasukkan Paulo Henrique pada menit ke-71 untuk menggantikan Wildan Ramadhani saat menang 2-1 lawan Persik Kediri pada pekan ke-34 Liga 1 Indonesia musim kompetisi 2023/2024.
 
"Memasukkan Paulo Henrique itu adalah sebuah strategi, karena saya perlu melakukan perubahan karena di sepertiga terakhir saya kurang senang, kami perlu melakukan perubahan," ucap Munster saat konferensi pers usai pertandingan di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) Surabaya, Minggu.
 
Menurut pelatih yang memiliki lisensi UEFA Pro tersebut, saat pertandingan yang dihadiri oleh 8.372 penonton itu, semua pemain sudah bermain bagus namun belum bisa mengambil kesempatan untuk mencetak gol.
 
"Saya belajar dengan menunggu kesempatannya, dan dia (Paulo Henrique) mengambil kesempatannya, kami mempelajari tipe pemain yang berbeda, semuanya sangat bagus ketika fisiknya tidak turun, mungkin memberikan waktu untuk memasukkan seluruh penyerang yang berdampak selama dua menit terakhir," ujarnya.
 
Namun, hal tersebut bukan hanya merubah taktik di lini depan namun juga dari sisi pemain yang lainnya pula.
 
"Jadi taktik ini bukan hanya soal strikernya saja, tapi juga taktik soal pemain lain. Kebanyakan ketika saya mengubah taktik, biasanya itu tergantung situasi. Apa yang terbaik untuk tim, bukan masing-masing individunya," kata pelatih asal Irlandia Utara tersebut.
 
Sementara itu, pemain Persebaya Wildan Ramdhani mengatakan sangat bersyukur bisa mencetak gol dan berhasil memenangkan pertandingan terakhir melawan Persik.
 
"Merasa bersyukur, tadi yang disampaikan oleh coach Paul bahwa kami sudah ditekankan untuk meraih tiga poin di akhir pertandingan ini dan Alhamdulillah berhasil mendapatkan tiga poin," ucapnya.
 
Selain itu, pemain kelahiran Bandung tersebut juga berterima kasih atas dukungan dari para suporter Bonek dan Bonita yang telah mendukung Persebaya hingga akhir.
 
"Terima kasih buat para suporter, dan hasil ini untuk semuanya," katanya.
 
Menurut catatan PT Liga Indonesia Baru (LIB), pada klasemen sementara, Persebaya naik ke peringkat 11 dengan total poin akhir 42. Sementara lawannya Persik tetap berada di peringkat 7 dengan poin akhir 48.


Baca juga: Paulo Henrique jadi penentu kemenangan Persebaya atas Persik

Baca juga: Munster jadikan laga terakhir bahan penilaian pemain musim depan

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Hernawan Wahyudono
Copyright © ANTARA 2024