Latihan juga memberi gambaran mekanisme kerja dan SOP dalam setiap aktivitas maupun kejadian yang dialami personel di daerah penugasan.
Jakarta (ANTARA) - Prajurit TNI Angkatan Laut dari Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) 1 Korps Marinir dan prajurit Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) dari 1st Reconnaissance Battalion latihan evakuasi medis udara bersama di Sukabumi, Jawa Barat.

Latihan evakuasi medis udara itu merupakan rangkaian dari Latihan Bersama (Latma) Reconnaissance Exchange (Reconex) 2024 antara Korps Marinir TNI AL dan United States Marine Forces Pacific (US Marforpac) First Marine Expeditionary Force (I MEF) pada tanggal 25 April sampai dengan 10 Mei 2024.

Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut dalam siaran resminya yang dikonfirmasi di Jakarta, Minggu, menjelaskan bahwa latihan evakuasi medis udara itu berlangsung Sabtu (27/4) di Lapangan Pusat Latihan dan Pertempuran (Puslatpur) Marinir 6 Antralina di Jampang Tengah, Kabupaten Sukabumi, menggunakan Helikopter Bell 412 SP dari Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal).

Komandan Batalyon Intai Amfibi (Danyontaifib) 1 Korps Marinir TNI AL Mayor Marinir Laili Nugroho, sebagaimana dikutip dari siaran resmi yang sama, menjelaskan bahwa latihan evakuasi medis udara itu bertujuan melatih kerja sama antara prajurit Taifib Marinir TNI AL dan USMC, terutama saat menghadapi situasi ada prajurit yang terluka saat latihan.

"Latihan juga memberi gambaran mekanisme kerja dan standar prosedur operasional (SOP) dalam setiap aktivitas maupun kejadian yang dialami personel di daerah penugasan," kata Danyontaifib 1.

Latma Reconex merupakan latihan bersama yang rutin digelar oleh Korps Marinir TNI AL dan Korps Marinir Amerika Serikat tiap 1–2 tahun sekali. Latma itu pada tahun 2021 dan 2023 digelar di Marine Force Reconnaisance Battalion Camp, Pendleton, California, Amerika Serikat.

Untuk pasukan Marinir AS yang mengikuti Latma Reconex tahun ini berasal dari US Marforpac yang bermarkas di Camp H.M. Smith, Hawaiʻi, Amerika Serikat. Pasukan dari US Marforpac beroperasi di kawasan Indo-Pasifik, termasuk tergabung dalam latihan-latihan bersama dengan negara-negara mitra AS seperti Indonesia.

Untuk tahun ini, Latma Reconex digelar tidak hanya di Puslatpur Marinir 6 Antralina Sukabumi, tetapi juga beberapa daerah di Jawa Barat dan di Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Pondok Cabe, Tangerang, Banten, dan di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta.

Beberapa materi latihan yang diikuti prajurit Korps Marinir Indonesia dan AS itu mencakup latihan menembak combat marksmanship, latihan menembak sniper range, tactical combat casual care (TCCC), joint-combined exchange training (JCET), close quarter battle (CQB) sUAS, ground recon patrol supported, mission planning and brief procedure, military freefall jump, dan full mission profile.

Baca juga: TNI AL dan Marinir AS latihan bersama Reconex 2024 di Sukabumi
Baca juga: 90 hari digembleng, 504 prajurit resmi perkuat Korps Marinir TNI AL

Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024