Beijing (ANTARA) - Kualitas udara dan air di China terus membaik pada kuartal pertama (Q1) tahun ini di tengah upaya berkelanjutan negara tersebut dalam mengatasi polusi dan mempertahankan pembangunan ramah lingkungan, tunjuk data resmi pada Minggu (28/4).

Pada Q1, densitas rata-rata PM2,5 di 339 kota di China yang berada di tingkat prefektur atau lebih tinggi mencapai 43 mikrogram per meter kubik, turun 6,5 persen secara tahunan (year on year/yoy), menurut Kementerian Ekologi dan Lingkungan China.

Proporsi hari dengan kualitas udara yang baik di kota-kota tersebut mencapai 83,6 persen, naik 3,5 poin persentase dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, menurut data itu.

Data tersebut juga menunjukkan bahwa 89,9 persen dari daerah yang dipantau memiliki kualitas air permukaan yang cukup baik, yaitu berada pada atau di atas Kelas III dalam sistem kualitas air lima tingkat di negara itu, naik 0,8 poin persentase (yoy). Persentase air permukaan yang berada di bawah Kelas V, yang merupakan tingkat terendah, mencapai 0,7 persen.

Pewarta: Xinhua
Editor: Santoso
Copyright © ANTARA 2024