Kulon Progo (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, menandatangani nota kesepahaman bersama dengan PT Angkasa Pura I tentang kerja sama peningkatan daya saing dan potensi di wilayah ini sebagai upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

General Manager PT Angkasa Pura I Ruly Artha di Kulon Progo, Senin, mengatakan adanya peraturan terbaru dari Kementerian Perhubungan, mengenai status baru Bandara Solo dan Semarang dari status internasional menjadi domestik menjadi salah satu peluang positif bagi Bandara Internasional Yogyakarta atau Yogyakarta International Airport.

“Saat ini yang menjadi bandara internasional untuk area Jawa khususnya, adalah YIA dan Surabaya. Jadi ini menjadi salah satu peluang yang cukup luar biasa yang mungkin bisa kita untuk semakin semangat mengembangkan trafik yang ada di bandara dan juga mengembangkan DIY pada umumnya, dan khususnya adalah Kulon Progo," kata Ruly.

Ia berharap adanya kolaborasi dan sinergi untuk mengoptimalkan peran serta Kulon Progo dalam pengembangan daya saing dan potensi daerah. Salah satunya adalah bergabungnya Kulon Progo di pintu kedatangan tamu, tourism information center agar dapat menampilkan dan menunjukkan potensi-potensi yang dimiliki oleh Kulon Progo secara langsung kepada khalayak luas baik tamu domestik maupun internasional.

“Kami melihat perlu juga kolaborasi, bahwasanya di pintu kedatangan itu kami ada tourism information center. Mungkin itu dalam waktu dekat bisa dikolaborasikan dengan Kulon Progo untuk bisa aktif bergabung di situ. Untuk jika terdapat informasi dari warga negara asing mungkin bisa kita optimalisasikan," kata Ruly.


Baca juga: Sultan meminta Kulon Progo perketat investasi di kawasan Bandara YIA

Penjabat Bupati Kulon Progo Ni Made Dwipanti Indrayanti menyampaikan bahwa keberadaan Bandara Yogyakarta Internasional Airport (YIA) yang merupakan salah satu bandara internasional di pulau Jawa, merupakan peluang bagi Kulon Progo. Namun juga menjadi tantangan besar bagi Kulon Progo sehingga harus diikuti juga dengan pelayanan yang semakin baik.

“Ini tantangan berat juga bagi kita semua, khususnya kami di Kulon Progo ini. Bagaimana kemudian privillege yang diberikan kepada Kulon Progo, khususnya keberadaan Bandara YIA ini harus kemudian ditanggapi dengan effort yang besar juga, untuk kemudian meningkatkan dari sisi kualitas layanan," katanya.

Ia berharap keberadaan Bandara YIA ini memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat Kulon Progo.

“Harapan besar kami keberadaan Bandara Internasional Yogyakarta ini akan memberikan kemanfaatan yang luar biasa bagi Kulon Progo, khususnya masyarakat Kulon Progo. Baik dari sisi sumber daya manusia maupun dari sisi perekonomiannya," kata Ni Made.


Baca juga: Sultan ajak semua berbagi inspirasi untuk pembangunan Kulon Progo

Pewarta: Sutarmi
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024