Ini adalah rangkaian agenda dalam rangka memeriahkan MTQ. Kemarin sudah diawali dengan pawai taaruf dan pembukaan. Alhamdulillah dinilai sukses baik dari sisi penyelenggaraan maupun peserta yang hadir,
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Puluhan gerai pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) turut memeriahkan perhelatan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat 2024 melalui kegiatan pameran dan bazar.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan mengatakan pameran dan bazar UMKM ini merupakan ajang promosi untuk mengenalkan produk-produk unggulan lokal kepada seluruh kafilah MTQ kabupaten maupun kota se-Jawa Barat.

"Ini adalah rangkaian agenda dalam rangka memeriahkan MTQ. Kemarin sudah diawali dengan pawai taaruf dan pembukaan. Alhamdulillah dinilai sukses baik dari sisi penyelenggaraan maupun peserta yang hadir," katanya di Cikarang, Senin.

Ia mengatakan kegiatan pameran dan bazar MTQ ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus menjadi efek berkelanjutan bagi para pelaku usaha kecil di Kabupaten Bekasi.

"Dengan melihat semua hotel penuh, restoran, katering banyak yang order, tentu ini dapat menumbuhkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Bekasi," ucapnya.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat pada Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Barat Faiz Rahman mengatakan ajang perlombaan keagamaan ini selain upaya menyiarkan budaya Islami juga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan ekonomi lokal.

"Kami dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat berharap event seperti ini mendorong pertumbuhan ekonomi lokal. Jangan sampai kemeriahan ini tidak dirasakan oleh masyarakat khususnya Kabupaten Bekasi," katanya.

Baca juga: Pemkab Bekasi dorong UMKM makan-minum kantongi sertifikasi usaha
Baca juga: Pemkab Bekasi fokus ciptakan lapangan kerja sektor UMKM


Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Bekasi Ida Farida mengaku bangga karena UMKM lokal diberikan wadah untuk ikut menyemarakkan MTQ ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat.

"Sebagai tuan rumah ini suatu hal yang luar biasa dan ini sudah 36 tahun baru kita mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah. Saya berharap momentum ini dimanfaatkan sebaik-baiknya," katanya.

Ida menyebutkan ada 27 gerai mengisi produk-produk unggulan UMKM Kabupaten Bekasi yang turut diisi Forum Pondok Pesantren, Dekranasda, Dinas Perikanan, Balitbangda, serta Disdukcapil Kabupaten Bekasi.

"Saya berharap melalui ajang MTQ ini, UMKM Kabupaten Bekasi semakin maju karena tentu ajang ini berimplikasi bagi pertumbuhan usaha para pelaku UMKM kita," kata dia.

Baca juga: 500 pelaku UMKM Bekasi terima bantuan modal usaha
Baca juga: Pemkab Bekasi dorong produk UMKM tembus pasar modern

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2024