Manggar, Babel (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menggelar kompetisi cepat tepat antarperusahaan dalam rangkaian peringatan Hari Buruh yang jatuh pada 1 Mei 2024.

"Kompetisi atau lomba cepat tepat ini untuk mengasah kemampuan serikat buruh dan para pekerja perusahaan terkait manajemen dan ketenagakerjaan," kata Kepala Disnakerkop UKM Belitung Timur Gustaf Pilandra di Manggar, Selasa.

Dinas Tenaga Kerja, Koperasi dan UKM (Disnakerkop) Belitung Timur menggelar cepat tepat yang diikuti sebanyak 15 tim pada Rabu (1/5) dan setiap tim berjumlah tiga orang dari beberapa perusahaan di daerah setempat.

"Lomba cepat tepat ini pertama kali kami selenggarakan dan diupayakan digelar setiap tahun agar para pekerja benar paham terkait aturan ketenagakerjaan," ujarnya.

Gustaf mengatakan, aturan ketenagakerjaan itu selalu berubah dari waktu ke waktu dan lomba cepat tepat ini diharapkan mampu menambah pengetahuan aturan baru terkait ketenagakerjaan.

Mantan Kepala Diskominfo Beltim ini mengatakan soal cepat tepat semuanya berhubungan dengan ketenagakerjaan baik dari undang-undang ketenagakerjaan, peraturan pemerintah maupun aturan BPJS Ketenagakerjaan dan Kesehatan serta hak-hak dan kewajiban buruh.

“Kita ingin bukan hanya di level manajemen dan serikat buruh saja yang paham, tapi juga seluruh buruh. Kegiatan ini juga sebagai ajang silaturahim," ujarnya.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Jamsostek Disnakerkop Belitung Timur Yuli Arwena mengatakan para peserta atau tim yang ikut merupakan perwakilan pekerja dari sembilan perusahaan dan setiap tim berisi manajemen, serikat buruh dan pekerja.

“Pesertanya dari sembilan perusahaan perkebunan dan satu dari perusahaan tambak udang. Tentu ini terobosan baru dalam rangkaian peringatan hari buruh atau dikenal dengan May Day," ujarnya.

Baca juga: May Day momentum sinergitas dalam meningkatkan kompetensi SDM

Baca juga: Federasi SP BUMN gelar aksi sosial dan diskusi


Pewarta: Ahmadi
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024