Jakarta (ANTARA) - Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Energi (Disnakertransgi) DKI Jakarta menggelar "Lomba Cerdas Cermat Hubungan Industrial" bagi serikat pekerja atau buruh dalam memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) pada 1 Mei 2024.

Lomba cerdas cermat yang diikuti oleh sembilan serikat buruh atau pekerja di DKI Jakarta itu berlangsung di Pusat Pelatihan Kerja dan Pengembangan Industri (PPKPI), Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa.

Kepala Disnakertransgi DKI Jakarta Hari Nugroho saat membuka lomba itu mengatakan, lomba cerdas cermat itu dalam rangka memperingati "May Day" yang diikuti oleh sembilan peserta perwakilan dari serikat pekerja/buruh di Jakarta.

"Tentunya ini menjadi hal yang baru. Biasanya sih tahun kemarin, ada olahraga juga ada futsal. Nah ini kita coba hal yang baru, yakni cerdas cermat," kata Hari.

Dengan adanya lomba cerdas cermat itu, kata dia, maka akan meningkatkan kompetensi pekerja/buruh itu sendiri karena dapat memiliki ilmu pengetahuan yang lebih luas.

"Ya, artinya peningkatan daya kompetensi. Kan kita bicara Jakarta bukan lagi menjadi ibu kota, namun menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ), kota global, 'smart city' ya. Tentunya c cermat berarti menambah pengetahuan dan meningkatkan kompetensi," ujarnya.

Baca juga: Pemkot Jaktim beri 517 paket sembako kepada serikat pekerja
Baca juga: Polisi terjunkan 840 personel amankan aksi buruh di Patung Kuda
 
Kepala Disnakertransgi DKI Jakarta Hari Nugroho saat memberikan keterangan pers terkait Lomba Cerdas Cermat Hubungan Industrial bagi buruh di Pusat Pelatihan Kerja dan Pengembangan Industri (PPKPI), Pasar Rebo, Jakarta Timur, Selasa (30/4/2024). Lomba itu digelar dalam memperingati Hari Buruh Internasional (May Day) pada 1 Mei 2024. ANTARA/Syaiful Hakim

Materi dalam lomba cerdas cermat itu berkaitan dengan ketenegakerjaan, NKRI dan Pancasila.

"Ya, macam-macam (materinya), bisa dari sisi perusahaan, dari sisi peraturan ketenagakerjaan kemudian dari sisi pengetahuan Jakarta bisa menjadi kota global," katanya.

"Ini kan menarik, menarik setelah tidak menjadi ibu kota ini. Makanya, ini akan menjadi 'pilot project' dan bila sukses akan dibuat lebih meriah lagi," kata Hari.

Dewan juri yang dilibatkan untuk perlombaan itu berasal dari akademisi, Kamar Dagang dan Industri (Kadin) DKI Jakarta dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) DKI Jakarta.

Para juara lomba cerdas cermat akan mendapatkan penghargaan dan plakat dari Disnakertransgi DKI Jakarta.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2024