Gorontalo (ANTARA) - Kabupaten Gorontalo Utara, Provinsi Gorontalo, daerah yang berbatasan langsung dengan Provinsi Sulawesi Utara, terdampak aktivitas vulkanik Gunung Ruang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, Selasa.

Sejumlah kendaraan yang terparkir di halaman kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) setempat dan area publik lainnya terkena abu vulkanik.

"Abu vulkanik mulai menutupi sejumlah kendaraan yang terparkir di area parkir kantor DPRD ini sejak pukul 14.12 Wita," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Gorontalo Utara Suleman Lakoro di Gorontalo, Selasa.

Ia berada di lokasi tersebut untuk mengikuti rapat paripurna DPRD setempat.

Baca juga: Erupsi merusak stasiun seismik di Gunung Ruang

Ia mengimbau seluruh masyarakat mewaspadai dampak aktivitas vulkanik gunung tersebut yang sampai di daerah setempat dengan menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah.

"Mohon setiap warga agar memakai masker jika hendak keluar rumah maupun beraktivitas di luar ruangan untuk mencegah gangguan kesehatan, khususnya infeksi saluran pernapasan," katanya.

Prakirawan Meteorologi BMKG Gorontalo Sayid Mahadir mengatakan berdasarkan data citra satelit himawari terdapat sebaran abu vulkanik dari erupsi Gunung Ruang yang memasuki wilayah Provinsi Gorontalo.

Kondisi tersebut ditandai dengan poligon kuning ditambah dengan hasil paper test yang juga telah dilakukan.

"Material abu vulkanik ini sangat terlihat dan cukup tebal," katanya.

Baca juga: Basarnas kerahkah kembali personel pasca-erupsi Gunung Ruang dini hari
Baca juga: PVMBG minta penduduk waspadai tsunami akibat erupsi Gunung Ruang

Pewarta: Susanti Sako
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2024