“Tujuan kami mengunjungi Lanud Pattimura untuk mengetahui kondisi lapangan, selain itu juga untuk mengetahui tren penyakit yang dialami oleh prajurit, keluarga dan masyarakat sekitar Lanud terutama penyakit menular,”
Ambon (ANTARA) - Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Defense Thread Reduction Agency (US DTRA) melakukan kunjungan ke Pangkalan Angkatan Udara (Lanud) Pattimura untuk meninjau kondisi laboratorium kesehatan di klinik sikes Lanud Pattimura.

“Tujuan kami mengunjungi Lanud Pattimura untuk mengetahui kondisi lapangan, selain itu juga untuk mengetahui tren penyakit yang dialami oleh prajurit, keluarga dan masyarakat sekitar Lanud terutama penyakit menular,” kata perwakilan Tim Visit States Defense Thread Reduction Agency Mayor Brittany Amerau Harris dalam keterangan yang diterima di Ambon, Selasa.

Menurutnya kunjungan ini juga untuk mengetahui potensi ancaman dari senjata biologis atau penyakit penyakit menular yang kemungkinan bisa terjadi di tahun tahun mendatang di Maluku.

“Agar jika ada kemungkinan atau potensi dari hal-hal tersebut di atas dapat diantisipasi dengan cepat dan tepat,” tuturnya.

Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan Amerika Serikat (AS) atau Defense Thread Reduction Agency (US DTRA) adalah badan pertahanan dan badan pendukung tempur di Departemen Pertahanan Amerika Serikat untuk melawan senjata pemusnah massal seperti bahan kimia, biologi, radiologi, nuklir, dan bahan peledak tinggi.

DTRA berkantor pusat di Fort Belvoir, Virginia Amerika Serikat. Misi DTRA yaitu organisasi dan manajemen, tanggung jawab dan fungsi, hubungan, wewenang, dan administrasi yang didefinisikan dalam Arahan Departemen Pertahanan.

Sementara itu Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Jhonson Henrico Simatupang menyambut baik kunjungan yang dilakukan oleh Badan Pengurangan Ancaman Pertahanan Amerika Serikat tersebut sebagai bentuk kerja sama yang baik oleh kedua belah pihak.

“Semoga kunjungan ini dapat memberikan manfaat bagi kedua belah pihak sehingga jikalau ada potensi ancaman bisa segera diantisipasi,” kata dia.

Ikut dalam rombongan United States Defense Thread Reduction Agency (US DTRA) adalah Mayor Ronny Simatupang, Major Brittany Amerau Harris, Benjamin Adam Smith, Alex Christian Walser, dr Kendra Nicole Pesko, Kaitlin Olivia Mooney dan Venicia Mulyono.

Sementara itu hadir mendampingi Komandan Lanud Pattimura dalam Courtesy Call adalah Kadisops, Letkol Pom Made Oka Dharmayasa, Kadispers, Letkol Adm Baktiar Supriyatin, Kadislog Mayor Kal Agung Prahardanto, Kadispotdirga Mayor Tek Jemmy Von Bulow, dan Pjs. Kakes Lanud Pattimura Letda Kes dr Dedy Rahmat Syahir.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024