Ternate (ANTARA) - Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KSPK) BKKBN RI Nopian Andusti, berharap generasi muda di Maluku Utara (Malut) harus sehat, hebat dan tidak stunting untuk disiapkan menjelang Indonesia Emas.

"Untuk itu, penguatan proses transformasi ekonomi dalam rangka mencapai tujuan pembangunan tahun 2045 menjadi fokus utama dalam rangka pencapaian infrastruktur, kualitas sumber daya manusia, layanan publik, serta kesejahteraan rakyat yang lebih baik agar generasi muda di Malut tidak stunting," kata Nopian Andusti saat melakukan kunjungan kerja di Provinsi Malut, Selasa.

Nopian mengatakan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 merupakan titik tolak untuk mencapai sasaran Visi Indonesia 2045 yaitu Indonesia Maju, sebab, sebuah negara dikatakan mengalami bonus demografi jika dua orang penduduk usia produktif mulai 15 hingga 64 tahun menanggung satu orang tidak produktif yakni kurang dari 15 tahun dan 65 tahun atau lebih.

Dia menyebut, bonus demografi ini juga bisa diartikan sebagai keuntungan ekonomi yang disebabkan menurunnya rasio ketergantungan sebagai hasil penurunan fertilitas jangka panjang.

Menurut Nopian, akibat bonus demografi ini, maka masuklah kita pada suatu keadaan Windows of Opportunity atau ada peluang untuk menjadi kaya, karena terjadi penurunan kelahiran yang dalam jangka panjang menurunkan proporsi penduduk muda sehingga investasi untuk pemenuhan kebutuhannya berkurang dan sumber daya dapat dialihkan kegunaannya untuk memacu pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan keluarga”.

"Oleh karena itu, kita diingatkan bahwa generasi muda sekarang harus sehat dan hebat untuk disiapkan menjelang Indonesia emas. Itulah makna kenapa kita tidak boleh stunting, harus cerdas agar bisa berdaya saing pada masa Indonesia emas nanti," ujarnya.

Baca juga: BKKBN minta posyandu kejar pengukuran balita untuk turunkan stunting

Selanjutnya, Deputi Bidang KSPK BKKBN RI menyebutkan tren prevalensi stunting di Indonesia tahun 2015 sampai dengan 2019 mengalami penurunan per tahun 0,3 persen dan target penurunan stunting tahun 2020 sampai dengan 2024 mencapai 2,5 persen. Sehingga laju penurunan stunting per tahun menuju 14 persen tahun 2024 sebesar 3,4 persen.

Sedangkan di Maluku Utara sendiri menurut data SSGI Tahun 2022 dan SKI Tahun 2023 angka prevalensi balita stunting turun 2,4 persen dari 26,1 persen menjadi 23,7 persen. Penurunan yang dicapai Maluku Utara ini cukup tinggi, namun masih di atas rata-rata nasional 21,5 persen.

Oleh karena itu, untuk mengejar target 14 persen diperlukan upaya-upaya nyata dengan menjalankan Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan etunting (RAN PASTI) yaitu dengan pendekatan keluarga berisiko stunting, pendekatan intervensi gizi terpadu serta pendekatan multi sektor dan multipihak.

Baca juga: BKKBN: Partisipasi masyarakat di posyandu kunci penurunan stunting

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024