ITS di bawah kendali Pak Bambang Pramujati akan mampu semakin mengembangkan ekosistem pendidikan yang lebih maju, lebih inovatif dan kreatif
Surabaya (ANTARA) - Gubernur Jawa Timur periode 2019-2024 Khofifah Indar Parawansa optimistis Institut Teknologi Sepuluh Nopember di bawah Rektor ITS periode 2024 - 2029 Ir. Bambang Pramujati, ST. MScEng., PhD., IPU., AEng., semakin mampu mengembangkan ekosistem digital.

"ITS di bawah kendali Pak Bambang Pramujati akan mampu semakin mengembangkan ekosistem pendidikan yang lebih maju, lebih inovatif dan kreatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan SDM bangsa," kata Khofifah yang hadir dalam acara pelantikan Rektor ITS di Graha Sepuluh Nopember Surabaya, Selasa.

Terutama dengan kekuatan kampus perjuangan yang kental dengan digital IT, diyakini Khofifah akan membawa semangat untuk kemajuan bangsa lebih signifikan guna mewujudkan Indonesia Emas 2045.

"Hari ini dunia digerakkan oleh ekosistem digital yang sangat cepat. Sedangkan ITS punya kapasitas yang begitu besar dan juga prestasi-prestasi yang gemilang sebagai modal untuk mencetak generasi bangsa yang menguasai ekosistem digital secara baik," kata Khofifah.

Baca juga: ITS luncurkan purwarupa PLTS apung laut pertama di Indonesia

Baca juga: Dosen Matematika ITS juarai "Pioneers 4.0 Hackathon Series" Abu Dhabi


"Jawa Timur dan Indonesia bahagia karena memiliki ITS. Yang artinya kami berharap besar ITS akan menjadi penggerak untuk menguatkan kualitas SDM bangsa yang adaptif dengan perkembangan teknologi IT yang begitu cepat berkembang dewasa ini," tambahnya.

Digital ekosistem saat ini ditegaskan Khofifah menjadi kebutuhan penting dunia di segala lini. Penyediaan infrastruktur dalam penerapan teknologi harus terus diupayakan dan didorong agar dunia menjadi semakin efektif dan efisien.

"Terutama di dunia pendidikan. Saat ini perusahaan dunia kerja juga membutuhkan SDM yang memiliki kemampuan di bidang teknologi yang menguasai digital ekosistem. Sehingga ITS perannya sangat strategis untuk bisa mencetak generasi berkualitas dan bisa memenuhi kebutuhan dunia kerja," ujarnya.

Untuk itu, harapan besar disampaikan Khofifah pada Rektor ITS yang baru untuk bisa menghasilkan lulusan makin berkualitas. Hal ini juga sejalan dengan upaya peningkatan IPM Jawa Timur.

Badan Pusat Statistik mencatat selama periode 2019 - 2023 IPM Jatim meningkat 3,5 persen. Di mana Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jatim per akhir Desember 2023 telah melampaui rata-rata nasional yaitu sebesar 74,65, sedangkan IPM nasional sebesar 74,39.

"Sekali lagi selamat untuk Rektor ITS Ir. Bambang Pramujati, ST., MScEng., PhD., IPU., AEng. Semoga diberikan kelancaran, kesuksesan dan keberkahan selama menjalankan amanah," katanya.

Tak lupa, Khofifah juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya pada Rektor ITS sebelumnya yaitu Prof. Ashari. Menurutnya, banyak kerja sama yang telah dilakukan ITS dengan Pemprov Jatim selama lima tahun belakangan. Salah satunya kerja sama SMA Double Track yang mana program ini dilakukan bimbingan langsung oleh rektor ITS.

"Semoga kerja-kerja strategis yang sinergis terus kita bangun agar ke depan bisa bersama-sama mewujudkan Indonesia Emas 2045," ujar Khofifah.

Baca juga: Bambang Pramujati resmi dilantik jadi Rektor ITS 2024-2029

Baca juga: ITS peringkat kedua pendanaan PKM terbanyak nasional

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024