"Untuk pemilihan gubernur, kita mengusung Fadhlullah sebagai Cawagub Mualem,"
Banda Aceh (ANTARA) - DPD Gerindra Aceh mengusung anggota DPR RI sekaligus Ketua Gerindra Aceh, Fadhlullah untuk menjadi Cawagub eks Panglima GAM, Muzakir Manaf alias Mualem (Ketua DPP Partai Aceh) pada Pilkada 2024 nanti.

"Untuk pemilihan gubernur, kita mengusung Fadhlullah sebagai Cawagub Mualem," kata Sekretaris Gerindra Aceh, Abdurrahman Ahmad, di Banda Aceh, Selasa.

Pernyataan itu disampaikan Abdurrahman Ahmad dalam kegiatan penerimaan berkas calon Gubernur Aceh/Wakil Gubernur Aceh, Bupati dan Wali Kota se Aceh, di Banda Aceh.

Dirinya menyampaikan, Gerindra Aceh pada Pilkada 2024 ini hanya mengusulkan Cawagub karena memang partainya tidak mencukupi kursi DPRA untuk mengusung calon gubernur sendiri.

Persyaratan minimal untuk mengusung calon Gubernur Aceh itu memiliki 13 kursi di parlemen, sedangkan Gerindra hanya memperoleh enam kursi.

"Mengingat jumlah kursi terbatas dan kita tidak bisa mengusung sendiri, karena harus ada minimal 13 kursi, maka kita usulkan untuk Cawagub," ujarnya.

Dirinya menjelaskan alasan Gerindra ingin berkoalisi dengan Partai Aceh, hal itu karena Prabowo Subianto sering menyampaikan untuk memberikan dukungan kepada Mualem pada Pilkada Aceh, apalagi yang bersangkutan juga menjadi penasehat Gerindra Aceh.

"Ketua Umum pak Prabowo juga sudah sering menyampaikan kepada kita bahwa untuk Gubernur Aceh mendukung Mualem," katanya.

Dirinya menambahkan, Gerindra siap mengikuti mekanisme di Partai Aceh untuk pengusulan Cawagub Mualem, apakah itu survei atau penilaian lainnya.

Anggota DPR Aceh itu menegaskan, jika pun nantinya Partai Aceh tidak memilih Fadhlullah untuk mendampingi Mualem, Gerindra Aceh tetap memberikan dukungan kepada eks Panglima GAM tersebut.

"Kalau memang belum dipilih ketua kita, kita tetap bersama Partai Aceh. Ini demi kepentingan Aceh yang lebih besar kedepannya," ujarnya.

Meski demikian, pihaknya optimis Mualem bakal memilih Fadhlullah karena melihat histori keduanya pernah bersama-sama berjuang sebagai kombatan GAM pada masa konflik Aceh dulu.

"Kalau memang pihak PA harap dari internal, maka Fadhlullah ini mantan kombatan GAM yang juga sama-sama berjuanglah dengan Mualem saat konflik Aceh dulu. Sangat tepat," demikian Abdurrahman Ahmad.

Sebagai informasi, Partai Aceh merupakan partai pemenang pemilu legislatif 2024 dengan memperoleh 20 kursi DPRA periode 2024-2029. Artinya, mereka memenuhi persyaratan minimal 13 kursi untuk mengusung calon Gubernur Aceh sendiri.

Partai Aceh juga telah memutuskan bahwa mengusung Ketua Muzakir Manaf sebagai calon Gubernur Aceh pada Pilkada yang bakal digelar pada November 2024 mendatang.

 

Pewarta: Rahmat Fajri
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024