Semarang (ANTARA) - Pakar Strategic Communication Mass Tuhu Nugraha menilai sosok Dico Ganinduto bakal dipertimbangkan  Partai Golkar untuk diusung pada pemilihan gubernur(Pilgub) dan wakil gubernur Jawa Tengah 2024.

"Kalau menurut saya, munculnya banyak dukungan media sosial dari netizen, serta masyarakat terhadap Dico ini tentunya akan menjadi pertimbangan yang kuat dari kandidat dan juga partai pendukung," katanya, saat dikonfirmasi di Semarang, Selasa.

Belakangan ini, sejumlah wilayah di Jateng "dibanjiri" baliho hingga "billboard" yang memajang foto Bupati Kendal Dico Ganinduto yang menjadikannya viral dan digadang-gadang pas maju sebagai calon gubernur Jateng.

Tuhu menilai bahwa parpol tentunya akan menyoroti pendapat masyarakat, salah satunya lewat media sosial dan mengukur popularitas kandidat di tengah masyarakat untuk meningkatkan elektabilitas calon yang akan diusung.

"Apalagi, sekarang semua partai dan kandidat memonitor persepsi netizen soal elektabilitas calon," katanya.

Karena itu, kata dia, munculnya dukungan masyarakat dan netizen bisa menjadi pertimbangan partai berlambang pohon beringin itu untuk mengusung Dico sebagai calon gubernur pada Pilkada Jateng 2024.

Terlebih, Partai Golkar berpeluang mengusung kader sendiri pada pilkada yang digelar serentak pada 2024, baik pada Pilgub Jateng maupun di tujuh kabupaten/kota.

Sebelumnya, nama Dico yang merupakan sosok bupati muda berusia 34 tahun itu muncul sebagai kandidat terkuat dari Partai Golkar untuk Pilkada Jateng 2024 dan menempati posisi lima besar dalam berbagai survei.

Baliho-baliho bergambar Dico berukuran besar muncul di sejumlah kabupaten/kota, mulai Purworejo, Cilacap, Karanganyar, Blora, Rembang, Brebes, dan tentunya Kabupaten Kendal.

Sedangkan di Kota Semarang juga bertebaran spanduk dan baliho berukuran kecil yang memasang wajah suami Chacha Frederica tersebut.

Dengan banyaknya baliho-baliho tersebut, dinilai sebagai kode kuat kesediaan Dico untuk ikut bertarung pada kontestasi Pilgub Jateng 2024.

Tak hanya baliho, sejumlah netizen di media sosial pun turut membagikan momentum dengan narasi #JatengLebihBaik, seperti diunggah oleh akun Instagram @cherin_nadhifa_purbho.

Dalam unggahannya, akun tersebut pun ingin merasakan manfaat pembangunan sehingga mendoakan agar Dico benar-benar mencalonkan diri sebagai Gubernur Jateng.
Baca juga: Gibran dan Dico disebut berpeluang berkompetisi di Pilgub Jateng

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2024