Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa Muhaimin Iskandar menyebut tiga kriteria utama untuk calon kepala daerah yang nantinya diusung PKB pada Pemilihan Kepala Daerah Serentak 27 November 2024.

"Kader atau tidak kader sama. Tiga kriteria, yakni elektabilitas, kapasitas dan visi. Kader pun kalau tidak masuk tiga kriteria itu akan dicoret," kata Muhaimin di Jakarta, Rabu malam.

Hal itu juga disampaikan Muhaimin saat memberikan arahan pada kegiatan pengenalan atau taaruf bakal calon kepala daerah zona Sumatera yang diusung PKB.

Baca juga: PKB ajak bakal calon ikut pilkada untuk majukan daerah

Dia menjelaskan berkumpulnya para bakal calon itu sebagai upaya penjajakan dari aspek elektoral masing-masing bakal calon.

Selain itu, mendengarkan komitmen terhadap strategi pembangunan daerah karena PKB benar-benar mengabdikan seluruh pilihannya kepada kepentingan rakyat di daerah.

"Kami ingin mendorong desentralisasi. Selama 10 tahun terakhir, terlampau sentralisasi. PKB ingin para calon kepala daerah ini betul-betul siap menjadi pimpinan otonom daerah," katanya menegaskan.

Baca juga: Muhaimin katakan siapkan kejutan untuk Pilkada Jawa Timur

Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin, menjelaskan bahwa PKB ingin mengembalikan lagi semangat reformasi 1998 sehingga dapat mempercepat kemajuan dan kemakmuran rakyat.

"Kalau redistribusi kekuasaan melalui otonomi daerah itu berjalan kembali secara maksimal, para kepala daerah yang terpilih ini sudah benar-benar siap. Jadi, mimpi PKB adalah keseimbangan, tidak semuanya menjadi sentralisasi," jelasnya.

Baca juga: PKB buka pendaftaran bakal calon gubernur DKI Jakarta
Baca juga: PKB dan PPP sepakati kerja sama dalam pilkada serentak 2024

Pewarta: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024