Ini yang kita jaga keseimbangan agar konsumen, masyarakat, juga senang, tapi petani peternak juga senang. Itu yang kita jaga.
Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah berupaya menjaga keseimbangan harga komoditas pangan yang menguntungkan konsumen dan juga bagi para petani dan peternak.

Presiden Jokowi saat meninjau Pasar Tradisional Seketeng Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), Kamis,  menyatakan telah mengecek harga-harga, baik dan cenderung turun, seperti bawang merah harga sudah Rp40 ribu, bawang putih juga Rp40 ribu, cabai rawit Rp50 ribu.

Presiden dalam sesi wawancara di Pasar Seketeng Sumbawa, diikuti dalam jaringan Sekretariat Presiden di Jakarta, menyebutkan selain komoditas bawang, juga meninjau fluktuasi harga telur, ayam potong, dan telur ayam yang juga mengalami tren penurunan harga di pasar setempat.

Hal serupa juga dialami komoditas beras yang dilaporkan oleh Presiden berada pada rata-rata harga wajar.

"Tapi jangan sampai semua juga turun, beras turun juga, kasihan petani juga, kasihan peternak. Ini yang kita jaga keseimbangan agar konsumen, masyarakat, juga senang, tapi petani peternak juga senang. Itu yang kita jaga," kata Jokowi pula.

Turut hadir mendampingi Presiden Jokowi dalam agenda peninjauan pasar tersebut, di antaranya Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan dan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman.
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan lima ruas Inpres Jalan Daerah di NTB
Baca juga: Presiden Jokowi resmikan operasional Bendungan Tiu Suntuk NTB

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2024