"Terciptanya Pilkada yang berkualitas tentu dikarenakan hadirnya penyelenggara yang jujur dan berdedikasi tinggi,"
Makassar (ANTARA) - Ketua DPRD Sulsel Andi Ina Kartika Sari, berharap pihak penyelenggara pemilu yakni KPUD dan Bawaslu menjalankan tahapan pilkada secara transparan.

"Terciptanya Pilkada yang berkualitas tentu dikarenakan hadirnya penyelenggara yang jujur dan berdedikasi tinggi," kata Andi Ina pada rapat kordinasi pemantapan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 di Ruang Pola kantor Gubernur Sulsel, Kamis.

Andi Ina Kartika dalam kesempatan ini juga berharap jajaran Forkopimda menjaga kebersamaan dan komitmen untuk menciptakan pilkada serentak yang aman, jujur, dan adil di Sulsel.

Sementara Pj Gubernur Sulsel Bahtiar Baharuddin, mengatakan sengaja mengundang seluruh pemangku kepentingan untuk memastikan tugasnya sebagai Penjabat Gubernur yakni untuk menyukseskan tahapan Pilkada usai Pemilu 2024.

Dalam rakor tersebut, Bahtiar menekankan, harus ada kepastian hukum dan pemahaman yang sama dalam penerapan regulasi, agar tidak menimbulkan perdebatan. Khususnya terkait Peraturan KPU dan Peraturan Bawaslu dalam penyelenggaraan Pilkada.

Selain itu yang juga harus menjadi perhatian, kata Bahtiar, adalah anggaran Pilkada. Apakah semua kabupaten kota telah menyiapkan anggaran untuk pelaksanaan Pilkada yang akan di helat November 2024.

"Pemprov maupun Pemda Kabupaten Kota se-Sulsel wajib memberikan dukungan terhadap berjalannya Pilkada yang aman dan damai seperti yang telah dilalui di Pilpres dan Pileg. Begitupun dengan TNI Polri, wajib memberikan dukungan kepada seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024," ujarnya.

Hadir dalam rapat kordinasi itu, Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, jajaran Forkopimda Sulsel, para Bupati/Walikota se Sulsel, Ketua KPUD Sule, Ketua Bawaslu Sulsel.

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024