Malang, Jawa Timur (ANTARA) - Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) mendorong perguruan tinggi yang ada di lingkungan NU untuk bisa mendapatkan akreditasi unggul dalam upaya penguatan kualitas pendidikan di Indonesia.

Ketua Pengurus Wilayah ISNU Jawa Timur Mas'ud Said di Kota Malang, Jawa Timur, Kamis, mengatakan bahwa akreditasi unggul menjadi kebutuhan bagi semua perguruan tinggi di lingkungan NU saat ini.

Baca juga: Prof Mas'ud: ISNU Jatim harus perkuat jejaring internal dan eksternal

"Sejak lama NU berharap agar semua perguruan tinggi di lingkungan NU mendapatkan akreditasi unggul," kata Mas'ud.

Dalam Workshop Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama melalui Akreditasi Unggul tersebut, Mas'ud menjelaskan, ISNU Jawa Timur akan memberikan pendampingan kepada perguruan tinggi untuk bisa mendapatkan status akreditasi unggul.

Menurutnya, dalam peta jalan abad kedua NU, pendidikan perguruan tinggi menjadi salah satu prioritas yang harus dikuatkan, selain bidang kesehatan, kaderisasi dan tata organisasi. Diharapkan, dalam waktu kurang lebih dua tahun, bisa mencapai akreditasi unggul.

"Setelah ini, kita geser ke perguruan tinggi yang lain. Dua tahun. Harus unggul," katanya.

Sementara itu, Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur Abdul Hakim Mahfudz mengatakan bahwa NU selalu melakukan transformasi dalam rangka mengantisipasi perkembangan zaman.

Baca juga: Gubernur Sumsel: ISNU lahirkan ide baru dalam pengambilan kebijakan

Baca juga: Wapres ke Jatim pagi ini, sambangi tokoh agama hingga resmikan masjid


Menurutnya, meski NU didirikan oleh para ulama dan menjadi tempat beraktivitas para ulama alim, tidak pernah berhenti melakukan transformasi. Hal tersebut dilakukan untuk menjawab berbagai perkembangan zaman.

"Ilmu-ilmu agama ditekuni secara fokus, sedangkan ilmu umum juga dipelajari di pesantren-pesantren agar NU selalu mengikuti perkembangan zaman," ujarnya.

Diharapkan perguruan tinggi, khususnya di lingkungan NU juga bisa melakukan berbagai transformasi dalam rangka menghadapi perkembangan zaman, termasuk menjadi perguruan tinggi yang unggul.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024